JA.com,Mentawai (Sumatera Barat)- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro didampingi Wagub Sumbar, Bupati Kepulauan Mentawai, dan para undangan, meninjau lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Biomasa (PLTBm) Mentawai. Selasa,(17/09).

Dalam kunjungan tersebut Menteri PPN/Bappenas dan Direktur Bisnis Regional Sumatera langsung resmikan PLTBm di Desa Matotonan, Desa Madobag dan Saliguma Kabupaten Kepulauan Mentawai, peresmian itu sendiri berlangsung di Desa Saliguma, Selasa (17/09).

Kementerian PPN/ Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan rasa bersyukur karena dapat meresmikan PLTBm di Mentawai, masalah pembangunan listrik khususnya di Mentawai memang sangat diseriusi.

"Karena listrik membuat kehidupan masyarakat lebih baik, dengan adanya listrik anak sekolah bisa belajar dengan baik, serta menunjang aktivitas ekonomi masyarakat," jelasnya.

Bambang Brojonegoro menyebutkan, Mengingat masih ada beberapa Desa di Mentawai yang masih belum tersentuh listrik, dengan tersambungnya listrik di setiap pelosok daerah Mentawai, pelan-pelan Kabupaten Mentawai ini bisa keluar dari ketertinggalan, dan itu semua akan kita bantu, program-program yang ada di Pusat akan kita arahkan salah satunya pembangunan jalan Trans Mentawai," sebutnya.

Tambahnya, PLTBm ini sangat menarik, karena bahan bakunya dari bahan bambu, dengan itu masyarakat bisa menanam bambu untuk di jual sehingga menambah mata pencaharian masayarakat.

Selanjutanya, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, Kabupaten Mentawai sangat membutuhkan pembangunan yang berasal dari Pusat, dan meminta agar Bappenas dapat mengarahkan pembangunan salah satunya penerangan.

"Kita meminta agar listrik bisa merata di setiap daerah pelosok Mentawai, demikian juga pembangunan jalan poros harus dituntaskan, sehingga listrik dapat didistribusikan kepada masyarakat, sehingga konektivitas antar Desa dapat tersambung," Sebutnya.

Ketika aliran listrik di Mentawai  sudah terhubung  100 persen dengan baik, pariwisata akan semakin maju, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dikenal jauh lebih baik, kalau penerangan sudah merata, ucap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (Lilis)
 
Top