JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengalokasikan bantuan 65 kodi seng ( 1300 helai) untuk dibagi-bagikan kepada korban bencana angin putting beliung yang melanda 3 kenagarian di Kecamatan Pauh Duo pada Jum’at (6/9).

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria disaat mengunjungi korban bencana di Kecamatan Pauh Duo, Senin (9/9).

Bupati menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada korban di 3 (tiga) kenagarian yang terdampak bencana, yakni Kapau Alam Pauh Duo, Luak Kapau, dan Nagari Pauh Duo Nan Batigo

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membantu memperbaikan rumah masing-masing,” ujar Bupati sewaktu penyerahan bantuan di lokasi bencana.

Muzni mengingatkan agar warga untuk senantiasa berhati-hati terutama di musim hujan yang sedang berlangsung saat ini, dimana curah hujan yang disertai angin kencang terus melanda Solok Selatan dalam beberapa hari terakhir.

“Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di tengah cuaca hujan lebat disertai angin kencang seperti saat ini,” ujar Bupati mengingatkan.

Salah satu rumah warga yang disambangi  itu adalah rumah Kasmul Hendri, penggiat pramuka Solok Selatan yang berlokasi di Ujung Jalan, Nagari Luak Kapau.

“Kita serahkan secara simbolis. Nanti bisa dijemput Rabu atau Kamis besok di kantor kenagarian masing-masing sesuai dengan tingkat kerusakan ,” ujar Bupati kepada Kasmul yang didampingi Sekdakab Yulian Efi dan Plt Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) BPBD Putra Nusa.

Selain mengunjungi rumah Kasman, Bupati beserta rombongan juga mengunjungi beberapa rumah di 2 kenagarian lainnya serta Masjid Hidayatul Kubra di Pinang Sinawa yang juga mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

“Alhamdulillah Masjid kita ini dibantu 12 kodi seng,” ujar Camat Pauh Duo Bujang Basri yang hadir bersama Wali Nagari Luak Kapau Syahibul Izar di hadapan jamaah masjid yang sedang bergotong royong.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan PMD Solsel Hapison, mengatakan bahwa Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat juga akan mengalokasikan bantuan (beras).

“Hari ini tim kita menjemput, dan diperkirakan Rabu besok siap kita distribusikan melalui pihak kenagarian. Totalnya sekitar 500 -600 Kg beras,” tukas Hapison

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Babinkantibmas, para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) nagari dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), unsur kenagarian serta sejumlah OPD.
(dirman)*.
 
Top