JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat) .
Pola hidup sehat merupakan harapan dan tugas bersama. Pencegahan penyakit harus dilakukan sejak usia dini

Hal itu ditegaskan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Jambore Saka Bakti Husada tahun 2019 di Sarasah Bunta, Tarantang, Kecamatan Harau, Sabtu (28/9).

"Upaya preventif harus kita lakukan guna menurunkan beban penyakit di tengah masyarakat.  Carannya bisa saja dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat ," ujar bupati

Ikut hadir dalam acara itu pihak dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa IrfeNdi Arbi, kepala OPD, serta ratusan peserta Saka Bhati Husada.

Menurut Irfendi, banyak yang mesti dilakukan dalam mewujudkan kehidupan yang sehat bagi masyarakat di Limapuluh Kota. Salah satunya, dengan melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga, perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta rutin melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan.

"Kemudian, melakukan peningkatan edukasi hidup sehat dan kualitas lingkungan dalam melakukan pencegahan deteksi dini penyakit,"ujarnya.

Irfendi Arbi juga mengajak setiap masyarakat melakukan penyediaan pangan sehat dan percepatan gizi dalam kehidupan berkeluarga. Salah satu pencegahan tersebut yakni, dengan tidak melakukan pembakaran hutan yang berakibat merusak kesehatan masyarakat.

"Kita semua harus menjadi pelopor terutama dinas kesehatan, perbanyaklah melakukan bakti sosial kepada masyarakat, karena pencegahan itu penting" sebutnya.

Sementara itu, kepala dinas kesehatan provinsi Sumbar dalam hal ini disampaikan, Desra Elena berharap kegiatan germas ini benar-benar dilaksanakan masyarakat.

 "Kegiatan Germas harus terus berjalan.Kalau masyarakat sudah melaksanakan Germas  harapannya nanti akan bermuara pada peningkatan kesehatan warga,"ujarnya.

Dengan kata lain,  kesehatan warga tetap terjaga, masyarakat lebih produktif dan menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat yang pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

"Mari, budayakan pola hidup sehat agar badan segar bugar juga kuat rutin olahraga, jangan lupa cek kesehatan, Jauhi rokok, alkohol serta narkoba karena itu sungguh berbahaya.

Terakhir, jadilah generasi kreatif makanlah makanan dengan gizi seimbang, karena hidup sehat dimulai dari kita,"tutupnya.

Pencanangan germas ini juga dilakukan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya, penandatanganan komitmen bersama, gerakan masyarakat hidup sehat oleh seluruh OPD Limapuluh Kota, penyerahan bantuanpangan untuk balita serta penyerahan alat edukasi Posyandu. (gun)

 
Top