JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat).
Guna meningkatkan perkembangan dan daya saing UMKM di daerahnya,   Pemerintah Kota Payakumbuh melaksanakan acara pembinaan manajemen bisnis bagi pelaku usaha menengah dan koperasi. Kegiatan pemberdayaan UMKM di tengah persaingan usaha yang semakin sengit tersebut berlangsung di aula Balaikota Payakumbuh, Senin (21/01).

Acara diikuti sekitar 100 orang peserta dengan menghadirkan narasumber Country Manager PT. Mutigo Indonesia Jakarta, Masni Eritrina. Turut hadir dalam acara itu, Walikota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah, Amriul Dt.Karayiang, Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ny, Henny Riza Falepi, Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dafrul Pasi dan sejumlah perwakilan OPD.

Dalam sambutannya, Sekda berharap pembinaan yang diadakan mampu meningkatkan mutu dan kualitas produk UMKM Payakumbuh yang kini semakin membaik.

"Persaingan usaha sudah bersifat global, maka mau tidak mau, pelaku usaha UMKM di kota ini harus menyesuaikan diri dengan selera pasar. Mudah-mudahan dengan adanya pembimbingan ini, pelaku usaha kecil dan menengah bisa berkembang lebih baik lagu," ujar Amriul.

Senada,  Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Hj.Henny Riza Falepi juga menyampaikan, agar pelaku usaha mampu menyerap berbagai trik manajemen usaha yang disampaikan narasumber.

"Saya berharap pelaku usaha UMKM sigap dan semangat menjalankan pembinaan ini agar kondisi usaha kedepan bisa diperbaiki sesuai tuntutan pasar. Selain itu pelaku UMKM hendaknya dapat berinovasi dan berkreasi terhadap hasil usahanya agar dapat bersaing dan memiliki nilai jual tinggi. Dan yang paling terpenting kualitas dan mutu harus dijaga," ujar Henny.

Sementara, Joni Saputra, salah seorang peserta meminta agar kegiatan pembinaan ditindaklanjuti dengan berbagai kebijakan Pemko yang mempermudah pelaku usaha.

"Pembinaan ini sangat baik bermanfaat bagi kami, semoga kedepan pembinaan seperti ini dilaksanakan secara berkesinambungan," harap Joni yang juga seorang pengusaha coklat asal Nagari Aur Kuning, Payakumbuh. (rel/gun)
 
Top