JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembangunan di nagari harus mengedepankan skala prioritas dan anggota DPRD akan membantu dengan program pokok-pokok pikiran (Pokir).

Hal itu disampaikannya disaat Musrenbang di Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Senin (28/1). "Melalui pokok-pokok pikiran anggota DPRD dapat membantu dan memperjuangkan kepentingan masyarakat, tetapi juga harus berdasarkan hasil Musrenbang nagari," kata Anton Yondra, Senin (28/1) di Salimpaung.

Menurut Anton Yondra, dana Pokir Dewan sebenarnnya bantuan khusus keuangan nagari yang perencanaannya berasal dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD bukan dana langsung yang diberikan kepada masyarakat, namun berupa program pembangunan yang dirancang dan dikelola atas hasil reses atau kunjungan lapangan.

"Setiap kegiatan harus masuk dalam rencana pembangunan nagari sehingga nantinya tidak ada lagi dana sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa)," harapnya.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar Zulkifli SR mengharapkan, Musrenbang Nagari dapat mempertimbangkan segala aspek serta prioritas kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan. Tujuannya, agar pembangunan tersebut dirasakan oleh masyarakat.

"Kepada Wali Nagari diharapkan dapat merangkul seluruh elemen masyarakat yang berkepentingan dalam merumuskan segala kebutuhan, sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan dan tidak timbul gejolak dalam nagari," harap Zulkifli SR.

Sementara itu, Walinagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung Marjohan menyampaikan beberapa rencana program pembangunan nagari. Diantaranya pembangunan irigasi, jalan usaha tani. Disamping pengadaan alat bidang pertanian, dan pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi, adat dan budaya.

"Musrenbang adalah untuk merencanakan pembangunan di nagari. Tentu saja merupakan langkah nyata untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai," katanya.

Turut hadir dalam musrenbang Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman, Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Yalpema Jurin, dan Dekminil, pimpinan OPD, serta Camat Salimpaung Liza Martini. (MG)
 
Top