JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat)-- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membangun sarana pelayanan publik. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Pasbar meresmikan pemakaian empat kantor di awal tahun 2019 ini ditambah satu tugu PKK di Padang Tujuh. Peresmian lima kantor tersebut terpusat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (30/01/2019).

Empat kantor pelayanan publik tersebut yakni kantor pelayanan Disdukcapil, kantor Palang Merah Indonesia (PMI), Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), kantor Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) serta tugu PKK.

Hadir dalam undangan tersebut dari provinsi Sumbar, seperti Kepala Capil dan KB Provinsi Sumbar, Ketua PMI Sumbar, serta Kepala Disdukcapil se Sumbar.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Catatan Sipil Sumatera Barat Novrial, SE, MA, mengapresiasi kinerja kepala Disdukcapil dan tim dalam mengejar target e KTP. Tidak hanya itu saja, inovasi Disdukcapil dalam bekerja di hari libur dengan program 'pai liburan'. Selain itu, kantor pelayanan yang baru ini, sudah sangat bagus.

"Karena wajah, kantor ini sudah bagus, walaupun kami ingin lebih bagus lagi. Sebab, pelayanan di Disdukcapil melayani masyarakat menjadi sorotan. Semoga kantor ini memberikan pelayanan terbaik."tandas Novrial.

Selain itu, pihaknya meminta kepada Pemkab untuk membantu pengadaan kelengkapan dan aplikasi. Aplikasi berbasis web atau internet perlu ke depan. Hal ini untuk memangkas ongkos masyarakat untuk ke kantor Disdukcapil.

Menurut Bupati Pasaman Barat Syahiran, di usia Pasbar 15 tahun ini, segala upaya dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan membangun sarana prasarana pelayanan publik.

Selain itu, Syahiran menekankan jika e KTP selesai jangan suruh masyarakat menjemputnya. Manfaatkan bantuan dari pihak Kecamatan (seksi kependudukan) dalam membantu proses pendistribusiannya kepada setiap warga.

"Percuma saja kita membentuk kasi Kependudukan kecamatan kalau tidak bekerja. Jangan Ada ada lagi pungli atau agen, suruh saja jemput e KTP masyarakat itu oleh pihak kecamatan atau nagari," urai Syahiran.

Ketua panitia peresmian kantor tersebut, Kepala Disdukcapil Pasbar Yulisna. SH, menyampaikan demi meningkatkan pelayanan masyarakat menjadi penyebab hadirnya kantor pelayanan ini. Sarana dan prasarana pendukung menjadi dasar untuk memberikan pelayanan prima kepada setiap masyarakat.

 "Untuk meningkatkan semangat dan etos kerja dalam pelaksanaan dan tugas pokok fungsinya. Masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya ketika mengurus administrasi kependudukan dengan nyaman,"tandas Yulisna.

Dengan adanya gedung pelayanan yang baru, maka ditargetkan pelayanan kependudukan satu jam selesai. Untuk Kantor KPU yang diresmikan sekarang lebih luas sehingga bisa menyimpan seluruh logistik pemilu"Tambah Yulisna

"Sinergitas antara Disdukcapil dan PMI Pasbar pun sudah tertuang dalam Perjanjian Kerjasama Disdukcapil dengan PMI Pasbar tentang cek golongan darah gratis. Data Base golongan darah penduduk sudah terorganisir dengan baik, sehingga golongan darah penduduk bisa diketahu."Tutup Yulisna (Joni Harahap)
 
Top