JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat).
Tim Sepakbola Kecamatan Payakumbuh Barat dipastikan akan melakoni laga perdana Minangkabau Cup II Zona Payakumbuh pada Senin 21 Januari 2019 mendatang. Juara bertahan Kota Gelamai ini akan bertemu dengan tim Kecamatan Payakumbuh Selatan dalam pertandingan di Lapangan Pospa Payobasuang.

Sekretaris AsKot PSSI Kota Payakumbuh Andra Eka Putra mengatakan, kepastian bergulirnya Minangkabau Cup II ini setelah diadakannya Match Coordinating Meeting (MCM) di Kantor Camat Payakumbuh Timur, Sabtu 19 Januari 2019.

Ia menjelaskan, dalam turnamen sepakbola kolosal terbesar di Indonesia tersebut, tercatat 5 kecamatan akan memperebutkan satu tiket ke Zona Sumbar.

"Benar, laga perdana akan mempertemukan juara bertahan Kecamatan Payakumbuh Barat dengan Kecamatan Payakumbuh Selatan, Senin 21 Januari 2019 mendatang. Keputusan ini adalah hasil MCM bersama Camat masing-masing daerah dan pelatih serta pemerhati sepakbola Kota Payakumbuh," kata Andra.

Dijelaskan, Minangkabau Cup II ini akan memakai sistem gugur dan salah satu tim akan menang by atau langsung lolos semifinal. Hal ini dikatakan karena waktu yang cukup pendek dan mengingat jumlah peserta yang sedikit dan ganjil.

"Ada satu tim yang langsung ke semifinal yaitu Tim Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (LATINA) dan akan menunggu siapa yang akan menang antara Kecamatan Payakumbuh Barat kontra Kecamatan Payakumbuh Selatan. Kemudian Kecamatan Payakumbuh Utara akan berhadapan dengan tim tuan rumah Kecamatan Payakumbuh Timur akan langsung bermain di Semifinal," ujar Sekretaris AsKot PSSI Payakumbuh didampingi Epi Wardi, Komite Kompetisi dan Exco PSSI Payakumbuh.

Sementara itu, Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Kecamatan Payakumbuh Timur mengatakan siap menjadi tuan rumah berlangsungnya iven ke-3 tersebut, setelah sebelumnya berganti nama dari Irman Gusman Cup menjadi Minangkabau Cup. Ia berharap kepada tim peserta nantinya dapat saling menjaga sportifitas dan bertanding dengan sungguh-sungguh.

"Kami sangat senang dapat menjadi tuan rumah dalam Minangkabau Cup II Zona Payakumbuh ini. Tapi kami juga berharap seluruh tim dapat menjaga sportifitas dan menjaga keamanan serta ketertiban jalannya pertandingan sehingga nantinya akan lahir juara dari Payakumbuh untuk bisa berlaga di Padang," kata mantan tim ofisial Kota Payakumbuh di Dharmasraya tahun 2014 tersebut.

Dasril menambahkan Minangkabau Cup II Zona Payakumbuh ini sendiri akan berlangsung dari tanggal 21 Januari hingga 25 Januari 2019 mendatang. Kemudian laga perdana akan berlangsung pada 21 Januari 2019 antara Kecamatan Payakumbuh Barat melawan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

"Sedangkan laga kedua atau semifinal, akan mempertemukan Kecamatan Payakumbuh Utara dengan Kecamatan Payakumbuh Timur pada 23 Januari 2019 serta final sendiru akan digelar pada Jumat 25 Januari 2019," katanya. (rel/gun)
 
Top