JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah bersama BNPB akan segera membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat terjangan gempa yang melanda Solsel Kamis (28/2) ,demikian disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, sewaktu meninjau korban gempa Minggu (3/3) .

Mekanisme bantuan tersebut bisa jadi disesuaikan dengan pola penanganan gempa yang melanda Sumbar di tahun 2009 lalu.

"Saat gempa tahun 2009 lalu di Sumbar, bagi rumah yang rusak berat diberi bantuan Rp 15 juta, rusak sedang Rp 10 juta dan rusak ringan Rp 5 juta. Namun mekanisme ini akan dibicarakan lagi bersama Pemda Solsel. Pada intinya pemerintah akan membantu perbaikan rumah warga," jelas Gubernur .

Namun ditegaskan Irwan Prayitno karena keterbatasan anggaran, pemerintah tidak bisa membantu secara utuh. Dana bantuan yang akan disalurkan sendiri katanya, bahkan mesti dihimpun dulu dari bantuan berbagai pihak. Kemudian baru diatur besaran bantuan yang akan diberikan kepada korban gempa.

"Kami harap masyarakat juga bisa bergotong royong membantu. Pemprov sendiri masih akan mengumpulkan bantuan. Termasuk akan berupaya menjangkau bantuan dari pemerintah pusat," tuturnya didampingi Bupati Solsel, Muzni Zakaria.

Gubernur juga menyoroti gempabumi yang melanda Solsel dan menurutnya merupakan gempa khas dari patahan Suliti. Gempa yang terjadi pada kamis pagi kemaren katanya, terjadi khusus di daerah Solsel dan tidak ada kaitannya dengan megatrust yang ada di Kabupaten Mentawai.

"Gempa tersebut gempa khusus dengan kedalaman sekitar 10 km yang tejadi di patahan Suliti yang ada di Solsel dan belum terdata oleh BMKG. Artinya, ini tidak termasuk yang di antisipasi dan di prediksi sebelumnya oleh BMKG," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG tambah Gubernur, gempa yang terjadi kian hari kian berkurang dan skalanya juga semakin mengecil. Bahkan diprediksi, dalam waktu dekat atau setidaknya satu pekan lagi insyaallah gempa akan berhenti mengguncang.

"Artinya, masyarakat tidak perlu cemas lagi. Masyarakat akan segera bisa kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa. Sebab menurut BMKG, gempa susulan ke depannya akan semakin berkurang dan dalam waktu Seminggu lagi diprediksi sudah tidak ada lagi gempa," katanya.

Dalam tinjauannya tersebut, Gubernur turut menyerahkan bantuan sebesar Rp 300 juta dari Provinsi yang diterima langsung oleh Bupati Solsel, Muzni Zakaria. Sekaligus juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari BNPB sebesar Rp 250 Juta, BNI sebesar Rp 50 Juta, Rp 125 Juta dari Dinas Ketahanan Pangan Sumbar dan Rp 100 juta dari Baznas Provinsi. (s u d i r)*.
 
Top