JA.com, Padang-- Anggota Komisi IV DPRD Padang, Gustin Pramona meminta kepada Dinas Pendidikan memonitor ke sekolah-sekolah pelaksanaan ujian Pra UN yang bakal dilakukan besok 11 Maret 2019. Hal ini diharapkan Disdik bisa melihat langsung berbagai kekurangan-kekurangan yang terjadi.

“Jangan dibiarkan saja. Disdik harus pantau pelaksanaanya,”sebut Gustin Pramona kepada media ini kemarin, (10/3). Dengan pemanatau langsung, Dikdik diharapkan bisa melakukan berbagai evaluasi secara langsung. Sehingga ke depan, pelaksanaan UN bisa dimaksimalkan tanpa kedala.

Seperti yang diketahui,  Besok, ribuan siswa SMP kelas IX akan mengikuti Pra Ujian Nasional (UN) di sekolah masing-masing yang dimulai hari ini (11/3). Jumlah siswa yang akan mengikuti Pra UN pada tahun ini sekitar 12 ribu peserta.

Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson mengatakan, Pra UN ini akan berlangsung selama empat hari, 11-14 Maret. Mata pelajaran yang diujikan dalam Pra UN ini yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

"Dalam Pra UN ini, satu hari akan diujikan satu mata pelajaran," ujar Ramson. Ramson menambahkan, Pra UN diselenggarakan sebagai tahapan jelang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dilangsungkan. Serta, Pra UN ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan dan kemampuan siswa dalam mengikuti UNBK yang rencananya akan digelar pada 22 April 2019 mendatang.

Ramson menjelaskan, sistem pengawasan dalam Pra UN ini diserahkan ke masing-masing sekolah masing-masing.  Serta, tata tertib pelaksanaan ujian bagi siswa yang ikut, juga dibuat oleh sekolah. "Yang jelas, Pra UN ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan tanpa kecurangan," sebutnya.
 
Top