JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari meminta agar pemerintahan kecamatan dalam merencanakan program pembangunan  berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan kemauan pemerintah.

"Perencanaan program pembangunan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat. Jangan pembangunan itu menurut kebutuhan pemerintah. Jika masuk didalam Musrenbang, DPRD pasti akan memperjuangkannya," kata Nurhamdi Zahari, Senin (11/3) di Tanah Datar.

Menurutnya, anggota Dewan dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan melalui program pokok pikiran (Pokir) Dewan berdasarkan kunjungan atau reses ke daerah pemilihannya.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Tanah Datar Alfian Jamrah pada kesempatan itu berharap hasil Musrenbang kecamatan dapat memperhatikan aspek kebutuhan masyarakat sehingga program pembangunan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Rangkul seluruh unsur masyarakat dalam merumuskan segala kebutuhan sehingga masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan," kata Alfian saat acara Musrenbang Kecamatan Tanjung Baru, Senin 11/3.

Ia menyampaikan pemerintahan kecamatan hendaknya mampu mengakomodir dan mendata kebutuhan masyarakat untuk menjadi program pembangunan prioritas yang ingin dicapai dan dilaksanakan demi tercapai kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Camat Tanjung Baru Arief Gani menyampaikan beberapa rencana program prioritas pembangunan di wilayahnya untuk tahun anggaran 2020.

Hadir dalam musrenbang Kecamatan Tanjuangbaru itu Ketua DPRD Anton Yondra, Wakil Ketua Irman, dan anggota dewan Dekminil, beberapa pimpinan OPD, para wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat, serta undangan lainnya. (MG)
 
Top