KESERIUSAN Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi membangun perkoperasian dan Usaha Kecil menengah (UKM) di daerahnya terus menunjukan perkembangan menggembirakan. Hal itu setidaknya terbukti dengan diraihnya penghargaan tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM tahun 2018 oleh Bupati Irfendi Arbi dari Menteri Koperasi dan UKM akhir tahun 2018 lalu, serta diperolehnya berbagai penghargaan tingkat nasional oleh koperasi koperasi dan UKM dari daerah ini sejak beberapa waktu belakangan.

Lebih menggembirakannya, perkoperasian dan UKUM di daerah yang dipimpin Bupati Irfendi Arbi bersama Wakil Bupati Ferizsal Ridwan itu dikunjungi langsung Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga beserta rombongannya dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (4/3).

Selain Menkop UKM, ikut hadir dalam kunjungan itu istri sejumlah Menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang diantaranya,  Ny.Gusti Ayu Bintang Darmavati Puspayoga, Koesni Harningsih Moeldoko, Kartika Nurani Basuki, dan Sri Mega Darmi Eko Putro Sandjojo.

Kedatangan menteri beserta rombongan jelas dalam rangka meningkatkan sinergi antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota di bidang pemberdayaan KUKM. Selain itu, kedatangan Menteri Puspayga ini juga untuk tujuan melakukan pelantikan kewirausahaan terhadap UMKM di daerah ini, serta membuka secara resmi sejumlah pelatihan yang diantaranya pelatihan perkoperasian, sosialisasi dan bimtek LPDP-KUMKM.

Tak kalah menariknya, kedatangan Menteri juga membawa oleh-oleh berupa bantuan program strategis Kemenkop dan UKM kepada beberapa UMKM yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, serta penandatanganan prasasti peresmian gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Limapuluh Kota.

Menteri Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam sambutannya mengatakan akan mendukung penuh program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota dalam meningkatkan pengembangan UMKM. Ia juga menyampaikan mengapresiasinya atas sambutan Pemkab Limapuluh Kota berserta masyarakat di daerah ini atas kunjungan kerjanya.


“Terimakasih saya ucapkan kepada Bupati beserta jajarannya atas sambutan yang luar biasa ini. Saya tidak ragu akan perkembangan UMKM serta Koperasi di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota ini. Sebab, DNA masyarakat Sumatera Barat adalah berwirausaha,” tutur Menteri Puspayoga yang mantan Wakil Gubernur Bali tersebut.

Dikatakan, orang Limapuluh Kota telah memiliki jiwa entrepreneur sejak dari zaman nenek moyang dulu. Sekarang, pemerintah hanya tinggal memoles, mengembangkan dan mendukung apa yang telah ada ini.

Menurutnya, pengembangan UMKM dan perkoperasian harus terus didukung untuk terwujudnya pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

”Dari perkembangan UMKM dan Koperasi ini diharapkan pertumbuhan ekonomi kita terus meningkat dan memberikan kesejahteraan serta berdampak kepada masyarakat sesuai dengan keinginan Presiden yaitu peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkan, masih terkait dengan perkoperasian, Kementerian Koperasi dan UKM saat ini juga telah melakukan suatu gerakan yang bernama ''Gerakan Reformasi Total Koperasi''. Gerakan ini bertujuan untuk membin dan mengendalikan jumlah Koperasi di Indonesia.

"Kementerian Koperasi dan UKM melakukan gerakan ini, supaya koperasi-koperasi yang ada di Indonesia benar-benar berkualitas. Kita tidak perlu menambah lagi jumlah koperasi, namun kita harus mengembangkan dan meningkatkan kualitas koperasi yang telah ada tersebut. Jadi arahnya sekarang ini adalah kualitas bukan kuantitas,'' tutur Puspayoga.

Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyebutkan, beberapa tahun lalu koperasi di Indonesia berjumlah sebanyak 212 ribu. Namun, usai menjalankan gerakan reformasi total, jumlah koperasi yang berkualitas tersisa sebanyak 138 ribu diseluruh Indonesia.

Sebelumnya Bupati Limapuluh Kota, H.Irfendi Arbi dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Menteri Koperasi dan UKM beserta rombongan yang juga membawa bantuan program bagi UKM di daerah ini.

“Selamat datang Bapak Menteri dan rombongan. Kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kunjungan bapak. Bahkan kami bangga dan sangat senang dengan kahadiran Bapak. Sebab, kedatangan Bapak beserta rombongan pasti memberikan hal yang positif bagi kami terutama dalam bidang koperasi dan UMKM” ujar Irfendi Arbi.

Irfendi yakin, dengan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM akan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat Limapuluh Kota untuk berkreasi dalam peningkatan kualitas Koperasi serta UMKM di daerah ini.

"Alhamdulillah, disini kami sangat merasakan bantuan program Pemerintah Pusat, terutama di bidang Koperasi dan UMKM, untuk itu diharapkan program-program ini bisa dilanjutkan kedepannya.” pinta Irfendi.

Dalam kesempatan itu Irfendi juga melaporkan kepada Menteri Koperasi dan UKM, bahwa selaku daerah yang berada di jalur perlintasan antar provinsi Sumbar-Riau,  Kabupaten Limapuluh Kota sangat berpotensi untuk mengembangkan UMKM-nya. Untuk mempromosikan berbagai produk UKM tersebut, daerah ini telah memiliki gedung PLUT bantuan pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

"UMKM kami sangat berkembang pak Menteri. Salah satu usaha memasarkan produk tersebut adalah gedung PLUT ini pak. Pengoperasian gedungnya telah mulai berjalan dan sudah dimanfaatkan oeh para pelaku usaha,''sambungnya.

Menyinggung keberadaan koperasi, lebih lanjut Irfendi Arbi melaporkan, jumlah koperasi yang aktif di Kabupaten Limapuluh Kota saat ini sebanyak 120. Seluruh wadah ekonomi yang aktif itu terus dibina dan ditingkatkan kualitasnya.Untuk memastikan seluruh koperasi itu berjalan dengan baik, Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Koperasi dan UMKM Limapuluh Kota senantiasa mel;akukan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap koperasi tersebut.

“Kalau SDM berkualitas tentu koperasinya akan menjadi baik dan masyarakat akan sejahtera.  Intinya, kita selalu berupaya membuat koperasi ini kuat dan semakin berkualitas,” tuntas Irfendi.

Sementara itu rombongan istri para menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang terdriri dari  Ny.Gusti Ayu Bintang Darmavati Puspayoga, Koesni Harningsih Moeldoko, Kartika Nurani Basuki, dan Sri Mega Darmi Eko Putro Sandjojo.melakukan sosialisasi 6 langkah cuci tangan kepada anak-anak TK/Paud Pembina Limapuluh Kota,  di GOR Singa Harau,  Sarilamak serta menyerahkan bantuan alat cuci tangan dan keperluan sekolah bagi ratusan anak TK, serta kegiatan lainnya.

Menurut Ny. Bintang Puspayoga, kegiatan OASE ini sebagai wujud pemerintah dalam mengajak anak anak hidup sehat yang dimulai dari cuci tangan bersih. "Nah, OASE akan terus melakukan sosialisasi ini ke seluruh Indonesia," ujar Bintang Pupayoga.

Selain ke TK/PAUD, rombongan OASE juga mengunjungi Puskesmas Tanjung Pati,  Kecamatan Harau. (hendri gunawan)
 
Top