JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pj. Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Yusrizal, resmi menutup pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) tahap III bagi pelaku Usaha UMKM  (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Tanah Datar, Selasa (15/3-2022)), kemarin di Hotel Emersia, Batusangkar.

Dikatakan, pelatihan DEA tahap III yang diikuti sebanyak 100 orang dari berbagai pengusaha UMKM, kegiatan selama 2 hari (14-15 /2022). Bekerjasama pemerintah Tanah Datar dengan BBPSDM Kominfo Medan.

"Kami apresiasi kepada BBPSDM Kominfo Medan yang telah berkenan memberikan pelatihan DEA yang sudah yang ketiga kalinya dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar," kata Yusrizal.

Lebih lanjut, hanya yang 5 daerah kabupaten/kota saja di Indonesia yang mendapatkan bantuan program pelatihan DEA bagi UMKM dari BBPSDM Kominfo Medan, salah satu diantaranya yang beruntung adalah Kabupaten Tanah Datar.

"Dari sebanyak 175000 UMKM yang akan difasilitasi BBPSDM Kominfo Medan, kabupaten Tanah Datar mendapat jatah yang akan dilatih itu sebanyak 5000 pelaku UMKM yang dilaksanakan secara bertahap," kata Yusrizal.

Disamping itu, pemerintah Tanah Datar juga memperhatikan UMKM dari pendanaan, modal dengan meluncurkan Program Makan Rendang Di Tanah Datar, yaitu mengatasi pengusaha UMKM dari jeratan rentenir.

Sementara itu, Koordinator Tim dari BBPSDM Kominfo Medan, Frans Hendra Suryanta Sembiring mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pelatiha DEA dari tahap I-III sudah mengikuti pelatihan.

"Terima kasih kepada peserta yang dengan serius mengikuti pelatihan ini. Kami berharap semoga materi yang disampaikan akan bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM," tutupnya. (MG)
 
Top