JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pada bidang pertanian Pemkab Tanah Datar meluncurkan 4 program unggulan. Terdiri dari, progul berada pada sektor pertanian itu adalah Layanan Bajak Gratis, Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), Pembangunan dan Rehabilitasi Irigasi serta Peningkatan Kuota Pupuk Bersubsidi.

"Saat ini yang masih menjadi keluhan petani yaitu kuota pupuk bersubsidi. Untuk itu, kita akan menambah alokasi anggaran untuk pupuk ini sehingga kebutuhan pupuk untuk petani bisa terpenuhi," kata Bupati Eka Putra ketika dialog dan audiensi dengan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) di Gedung Indo Jolito, Minggu (13/3-2022), kemarin.

Dikatakannya, tidak hanya kuota pupuk yang berkurang Minyak Solar juga termasuk langka. Ia meminta Dinas Pertanian untuk dapat mengatur kupon BBM Solar. Tujuannya, operator bajak gratis gampang mendapatkannya.

Lebih lanjut, untuk program Bajak Gratis, ia mengaku program itu masih baru. Pihaknya, akan terus melakukan evaluasi dari itu masukan dan saran dari PPS juga sangat dibutuhkan.

"Terhadap progul Bajak Gratis, kita mohon masukan dari semua pihak dan PPS. Kita beraharap program ini berjalan dengan baik dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya," harap Eka.

Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi mengatakan, untuk kebutuhan tenaga penyuluh pertanian saat ini di Tanah Datar masih kurang mengingat luasnya wilayah kerja. Tenaga penyulu ha baru 71 orang tersebar dinagari dan 4 orang di kabupaten. Idealnya per nagari tenaga penyuluh 2 sampai 3 orang penyuluh.

“Saat ini dalam upaya menyukseskan progul terutama bajak gratis kita libatkan PPS untuk mensosialisasikan ke masyarakat dan saat ini PPS tidak hanya sekali namun terus secara bertahap baik itu individual maupun pada acara-acara formal disampaikan,“ tutup Yulfiardi. (MG)
 
Top