JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati kabupaten Tanah Datar Richi Aprian  meresmikan mesjid Jami' Jamaah Syathariyah nagari Andaleh, kecamatan Batipuh, Minggu, (20/3/2022).

"Jadikanlah mesjid, tempat ibadah, dan sumber informasi, untuk mensiarkan agama Islam. Mari kita jadikan masjid ini, landasan untuk menjadikan akidah lebih baik lagi untuk kedepanya," kata Richi Minggu (20/3-2022) di Batipuh, Tanah Datar.

Dikatakan, mesjid yang berdiri dari Tahun 2009 lalu itu, atas sumbangan dari berbagai elemen masyarakat dan jamaah Syathariyah dan baru terdaftar tahun 2021 kemarin, baru bisa di resmikan pada hari ini.

"Mesjid merupakan sentral pendidikan, maka pergunakanlah mesjid untuk mensyiarkan agama. Kita berharap di nagari Andaleh bisa melahirkan Hafidz dan hafidzah yang bisa mengharumkan nama nagari dan kecamatan, dan kabupaten nantinya," harapnya.

Tidak itu saja, pihaknya juga berharap, agar mesjid tersebut buka 24 jam. Disampingi itu, juga terbuka terkait laporan keuangannya. Selanjutnya, pergunakan mesjid sesuai dengan fungsinya.

Senentara itu, anggota DPRD kabupaten Tanah Datar Novahendriah mengatakan, berdirinya mesjid Jamik pada di tahun 2009 dahulu memang penuh kendala. Pada awal dimulai pembangunan di guncang gempa bumi, membuat terhalang pembangunannya.

“Hikmahnya saja kita ambil dalam musibah itu. Setelah itu, kitapun bisa membangun dua mesjid langsung. Dananya dapat dari bantuan dari tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah daerah,” jelas Nova Hendriah yang juga tokoh masyarakat Andaleh itu.

Ia, juga akan menganggarkan untuk tahun depan berasal dari dana Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) nya, untuk pembangunan pagar mesjid Jami' Jamaah Syathariyah, nagari Andaleh, kecamatan Batipuh tersebut.

Hadir saat peresmian mesjid Jami’ Jamaah Syathariyah, nagari Andaleh ini, istri Gubenur Sumatera Barat Harneli Bahar Mahyeldi, Forkopimca Batipuh, tokoh masyarakat, wali nagari dan undangan lainnya. (MG)
 
Top