JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemkab Tanah Datar kembali melaunching 2 program inovasi, yaitu Sistem Layanan Trisula Dukcapil Membahana dan Inovasi Pelayanan Pemudaku Tampan Sekali, Senin (21/3-2022), kemarin di Pagaruyung.

Progul  Sistem Layanan Trisula Dukcapil Membahana, singkatan Tiga Sistem Utama Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membahagiakan Masyarakat Tanah Datar, dan Inovasi Pelayanan Pemudaku Tampan Sekali yang merupakan singkatan dari Pemuktahiran Data Kependudukan Tanah Datar Menuju Masa Depan Sejahtera, Berkualitas dan Mandiri.

"Disamping untuk memberikan layanan terbaik dan memuaskan masyarakat, program ini juga meningkatkan kualitas data kependudukan sebagai satu-satunya sumber data untuk berbagai keperluan," kata Bupati EkaPutra.

Didampingi Wakil Bupati Richi Aprian, dikatakan peningkatan layanan administrasi kependudukan yang prima, paripurna yang memuaskan masyarakat, berdampak terhadap peningkatan kesadaran masyarakat mengurus dokumen.

"Kesadaran dan keinginan masyarakat mengurus dokumen kependudukan tepat waktu, turut meningkatkan kualitas data kependudukan yang nantinya juga bisa dipergunakan untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang melahirkan penyusunan daftar pemilih yang akurat, mutahir dan inklusif," ujarnya.

Dalam pelayanan administrasi kependudukan ini, tambah Bupati Eka, ditunjuk dan dibentuk Petugas Registrasi Nagari (PRN) dibawah pengawasan Wali Nagari agar mereka melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

"Diminta wali nagari agar selalu memonitoring dan mengevaluasi PRN ini, terutama dalam memberikan layanan administrasi selesai dalam waktu sehari kerja, terhitung sejak berkas lengkap dan memenuhi syarat," tegasnya.

Sementara itu Kadis Dukcapil Armen Yudi mengatakan, pelayanan administrasi telah dapat diakses darimana dan kapan saja melalui smartphone.

"Dengan smartphone, masyarakat tidak perlu jauh ke kantor Dinas Dukcapil, tak perlu keluar biaya transportasi yang besar, masyarakat cukup akses aplikasi OASE Dukcapil atau juga melalui WhatsApp 08116600678 atau 08116604101 untuk ajukan permohonan dokumen kependudukan," katanya.

Kadis Dukcapil Provinsi Sumbar Besri Rahmat menyampaikan apresiasi terhadap program inovasi yang dilahirkan Pemerintah Tanah Datar melalui Dinas Dukcapil Tanah Datar.

Hadir, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Ketua Pengadilan Agama Padangpanjang, Kepala Perangkat Daerah, Camat se Tanah Datar dan undangan lainnya. (MG)
 
Top