JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemukulan gong oleh Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintah dan Kesra Elizar, menandai resmi dicanangkan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2022 Tingkat kabupaten Tanah Datar, di halaman kantor Camat Lintau Buo, Selasa (15/3-2022), kemarin. Pencanangan yang ditandai dengan pukul gong itu juga rangkaian dari Hari Kesatuan Gerakan PKK yang ke-50 Tahun 2022. Sebelumnya, untuk tingkat provinsi sudah dibuka Gubernur Mahyeldi di Dharmasraya.

Bupati Tanah Datar diwakili Elizar mengatakan, kegiatan pencanangan dan HKG PKK tersebut merupakan rutin setiap tahun pada tingkatan yang berbeda. Terkait kecamatan Lintau Buo sebagai lokasi pencanangan tahun 2022 ini, karena Dasawisma Mawar I Bukit Barisan nagari Tigo Jangko, kecamatan Lintau Buo ini keluar sebagai pemenang pertama, Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 dan ketua kelompoknya Nora dinobatkan sebagai Duta Dasawisma Provinsi Sumatera Barat kategori kabupaten.

"Usai pencanangan ini rangkaian kegiatan akan kita laksanakan satu bulan penuh di semua tingkatan mulai dari kabupaten, kecamatan hingga nagari," katanya.

Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dalam sambutan Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian pada saat HKG PKK ke-50 tahun 2022 yang dibacakannya disebutkan melalui HKG PKK tersebut jadikan gerakan PKK sebagai gerakan masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan keluarga.

“Keluarga sebagai unit terkecil dari kelompok masyarakat yang harus diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhan sehingga akan dapat memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya.

Didampingi Wakil Ketua TPPKK Ny. Patty Richi Aprian, dalam sejarah ringkas lahirnya PKK menceritakan jika PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat lahir dari seminar home economic di Bogor pada tahun 1957, yang melahirkan rumusan 10 segi kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril mengatakan, jika pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan tanggung jawab serta meningkatkan peran keluarga dalam pelaksanaan 10 program pokok pkk dan peningkatan peran dasawisma dalam penurunan stunting. (MG)
 
Top