JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Ratusan masyarakat jorong Aua, nagari Barulak, kecamatan Tanjuang Baru gelar aksi rutin jelang Ramadhan. Mereka, gotongroyong membersihkan jalan utama, Rabu (23/3-2022). Ruas jalan utama sepanjang 1 KM tersebut, membentang dari jorong Dalam Nagari ke jorong Aua.


Kepala jorong Aua A. Dt Indo Bosa mengatakan, goro membersihkan jalan utama ini merupakan aksi rutin sepanjang tahun jelang Ramadhan. Tujuannya, selama Ramadhan 1443 H nanti masyarakat tenang, nyaman, dan tenteram dalam beribadah.

"Ini kegiatan rutin kita. Alhamdulillah, masyarakat antusias sekali dalam kegiatan goro ini. Mudah-mudahan bisa kompak terus dalam bidang apa saja. Kanan kiri jalan sengaja kita tebas rumput dan kayu yang menghalangi pandangan pengguna jalan,'" kata A. Dt Indo Bosa, Rabu (23/3-2022) di Aua, Barulak, Tanjuang Baru.

Tidak itu saja, nanti sewaktu perantau mudik, mereka merasa nyaman dan senang melewati jalan utama yang tengah di bersihkan tersebut. Sebab, saban tahun banyak perantau jorong Aua mudik. Baik yang rantaunya di Batam, Pekanbaru, Pangkalan Kerinci, Jakarta, Padang dan kota lainnya di Indonesia.

"Disamping masyarakat dikampung merasa nyaman, warga kita yang nanti mudik juga merasakan hal sama hendaknya," katanya yang diamini sejumlah pemuka masyarakat setempat J. Dt Bijo, Deni Toke Ngenek dan Epi Kikuk.

Senada, Walinagari Barulak M. Dt Bandaro Bodi yang ikut hadir dalam goro itu mengatakan, kegiatan goro masyarakat jorong Aua merupakan rutinitas 3 bulan sekali.

"Hari ini ada dua lokasi goro. Di jorong Koto nan Tuo dan Aua. Alhamdulillah, masyarakat kami sangat ramai dalam kegiatan goro ini," simpul M. Dt Bandaro Bodi. (MG)
 
Top