JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dasawisma Mawar I Jorong Bukit Barisan, Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo raih juara 1 tingkat Sumbar, kategori kabupaten pada ajang lomba Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat kepada dasawisma itu. Ia berharap, kedepan kelompok-kelompok dasawisma ini terus berinovasi dan menggerakkan sumber daya yang ada di nagari hingga jorong sehingga dasawisma sebagai ujung tombak Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK).

"Dasawisma adalah ujung tombak gerakan PKK jadi harus terus diasah sehingga akan terus melahirkan inovasi dan dinamisasi gerakan bagi dasawisma sehingga diharapkan dapat menggerakan semua kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan 10 program pokok pkk itu ada hampir disemua SKPD,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua TPKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada TPPKK dan Dasawisma yang telah berkontribusi nyata mendukung program-program pemerintah.

“Untuk meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan para kader pkk khususnya kelompok dasawisma perlu adanya pembinaan yang terpadu dan berkesinambungan oleh TPPKK secara berjenjang dan pada mementum bulan bhakti dasawisma ke-6 ini yang diintegrasikan dengan BBGRM tahun 2022 ini juga dinobatan Duta Dasawisma tingkat Provinsi Sumatera Barat, tingkat kabupaten dan kota,” urai Harneli.

Sementara itu, usai menerima tropi juara I dan piagam penghargaan Ny. Lise Eka Putra menyampaikan ucapan selamat kepada Dasawisma Mawar I dan Nora selaku ketua kelompok yang ditetapkan sebagai Duta Dasawisma Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

“Mari saling bekerja sama berkolabirasi dengan OPD dalam upaya penerapan 10 program pokok pkk, dan kepada duta dasawisma jadilah pelopor, tauladan dalam program-program pkk dan bersinergi antara pokja sehingga apa yang menjadi tujuan dari pkk itu bisa diwujudkan dan benar-benar dirasakan masyarakat dan tidak sebagai seremonial saja,” ucap Ny. Lise.

Dari hasil penilaian tingkat provinsi itu Dasawisma Mawar I Kabupaten Tanah Datar tampil sebagai juara I untuk kategori kabupaten, Dasawisma Anggur VI Kabupaten Dharmasraya juara II dan Dasawisma Angrek I Kabupaten Padang Pariaman sebagai Juara III.

Sementara untuk kategori kota, Juara I Dasawisma Rosela Kota Sawahlunto, Juara II Dasawisma Bunga Biru X Kota Bukuttinggi dan Juara III Dasawisma Aglonema I Kota Padang. (MG)
 
Top