JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra resmi membuka malam puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tanah Datar Tahun 2022 di Ballroom Hotel Emersia dan Resort Batusangkar, Sabtu  (5/3-2022), kemarin.

“Pemilihan Duta GenRe bukan mencari yang terbaik dari yang baik, namun memupuk budaya kompetisi yang sehat dan berkuakitas terutama remaja agar menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat demi masa depan bangsa dan negara terkhusus Tanah Datar,” kata Eka.

Dikatakan, jumlah penduduk usia 10-24 tahun pada tahun 2021 sebanyak 24,53 persen artinya 1 diantara 4 penduduk Indonesia adalah remaja. Dengan jumlah remaja yang cukup besar tersebut dibutuhkan pengawasan atau pengelolaan yang terencana.

"Kegiatan pemilihan Duta GenRe ini sejalan dengan program pemerintah daerah, Satu Rumah, Satu Hafaiz/Hafizah yang tujuannya adalah menciptakan generasi yang hafal alquran, tangguh, cerdas dan berkarakter. Menjelang memasuki Indonesia Emas Tahun 2045 kedepan kita sudah mempersiapkan generasi-generasi tangguh," jelasnya.

Sebelumnya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Fatmawati ST. M. Eng mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang mendukung penuh kegiatan GenRe dan puji Bupati Eka Putra selaku Ayah GenRe dan Ketua TPPKK Ny. Lise Eka Putra selaku Bunda GenRe Tanah Datar yang fokus dan total dalam kegiatan GenRe.

“BKKBN terus berupaya menyiapkan generasi yang berkualitas walau itu tidaklah mudah, kita punya berbagai program dan kegiatan seperti GenRe ini, disini anak-anak disiapkan agar tidak menikah dini usia. Kalau ingin menikah BKKBN punya aplikasi siapnikah.org," ujar Fatmawati.

Ia, menjelaskan pada aplikasi itu akan ditampilkan bagaimana kesiapan anak-anak mulai dari fisik, mental, emosional dan juga berdasarkan pada finansial dan lingkungan sosial yang ada.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril mengatakan, jika kegiatan pemilihan duta genre tersebut untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program pembangunan kelurga, kependudukan dan keluarga berencana dikalangan remaja agar memiliki pengetahuan sikap dan prilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Pada malam puncak tersebut tampil Juara 1 Putra Jihad Nusa Adra dari SMAN 1 Salimpaung, putri Siti Fatima Zahiro (SMAN 2 Batusangkar. Juara 2 putra, Ahmad Dzaky Ramschie (PIK R Kampung KB Tanjung Bonai, putri Nasywah Humairoh SMAN 1 Batusangkar. Dan Juara 3 putra Lucky Iqra Ilhamdi SMAN 1 Pariangan dan putri Olifiya Freedelina SMAN 1 Salimpaung.

Kemudian, Duta favorit putra Bail Bailey Balakosa SMAN 1 Batusangkar, putri Aliyah Karmila Putri SMAN 3 Batusangkar. Duta fotogenik
Insanul Zaki MAN 4 Tanah Datar dan Dinda Mayasari SMAN 1 X Koto.

Lalu, Duta berbakat M.Teguh MAN 1 Tanah Datar, dan Nadya Putri Pratama SMAN 2 Sungai Tarab. Duta Kepemimpinan M Hanif Al-Faruq MAN 2 Tanah Datar dan Afrina Yulia IAIN Batusangkar.

Selanjutnya, Duta Educate Zaki Abdul Hadi SMAN 1 Sungayang dan Hamdiah SMAN 1 X Koto. Duta hafizh hafizah M. Hafiz Yazid MAN 4 Tanah Datar dan Suci Rahmadini MAN 2 Tanah Datar.

Turut hadir malam puncak pemilihan duta GenRe tersebut Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala OPD, Forkopimda dan undangan lain. (MG)
 
Top