JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Founder Overlanding Indonesia yang juga sebagai Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono atau yang biasa disapa mas AHY, selama kunjungannya ke Kabupaten Tanah Datar selama 2 (dua) hari mulai tanggal 22-23 Maret 2022 selain mengadakan camping di Aua Sarumpun yang terletak di nagari Tigo Koto kecamatan Rambatan juga mengadakan kuliah umum dengan tema Membangun Sumber Daya Bangsa menuju Indonesia Emas 2045

Kuliah umum yang digelar di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar pada hari Rabu (23/3), kemarin itu diikuti oleh sekitar 500 orang peserta yang berasal dari perwakilan siswa SMA sederajat se-kabupaten Tanah Datar, mahasiswa, unsur pemuda nagari se-Tanah Datar juga perwakilan organisasi kepemudaan yang ada.

AHY  dalam kuliah umum menyampaikan tujuan utama kedatangannya bersama tim kali ini ke Sumatera Barat untuk memberikan bantuan sosial kepada korban gempa yang ada di Pasaman Barat dan Pasaman. "Ini komitmen kebersamaan kita, untuk berbagi dengan saudara kita yang sedang tertimpa musibah," ujarnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan lain yang dilakukan AHY juga ada di Kota Bukittinggi, dan melakukan camping di Aua Sarumpun yang ada di Tanah Datar, kuliah umum dengan para generasi muda di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar sebelum akhirnya nanti akan bertolak ke Kabupaten Solok dan kembali lagi ke Jakarta.

Dikesempatan itu, AHY juga mengomentari keindahan alam Aur Sarumpun yang ternyata menurutnya sangat indah di pagi hari." Ternyata puncak Aua Sarumpun itu sangat indah diketinggian dengan pemandangan yang sangat luar biasa terutama hamparan danau Singkarak yang ada dibawahnya," katanya.

Terkait dengan kuliah umum, AHY sampaikan untuk menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045, Indonesia sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia dari sekarang. Karena menurutnya, para generasi muda saat inilah yang akan menjadi pemimpin di semua lini dan sektor dimasa depan.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan kabupaten Tanah Datar dengan visi terwujudnya kabupaten Tanah Datar yang madani berlandaskan adat basandi syara' syara' basandi kitabullah, memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap dunia pendidikan dan merumuskannya didalam misi ke 3, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

"Kita berharap melalui program ini masyarakat Tanah Datar akan memiliki karakter yang kuat dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 nanti," ujar Eka Putra.

Hadir anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat Rezka Oktoberia, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Tanah Datar periode 2000-2005 yang juga sebagai ketua MUI Tanah Datar H. Masnefi, Wakil Bupati sekaligus Bupati Tanah Datar periode 2015-2020 Zuldafri Darma, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, tokoh masyarakat Sumatera Barat Mulyadi, dan undangan lainnya.(MG)
 
Top