JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra resmi dilantik sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pengurus Nasional Asosiasi DPRD kabupaten se Indonesia periode 2021-2026.

Ia, beserta pengurus lainnya dilantik oleh Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro atas nama Menteri Dalam Negeri, Senin (14/3-2022) di Gedung Nusantara V MPR-RI.

Bersama 54 pengurus lainnya, Anton Yondra dibawah pimpinan Lukman Said, dipercaya mengelola organisasi dan keanggotaan asosiasi DPRD yang beranggotakan, 416 DPRD dengan jumlah anggota sekitar 17.000  anggota DPRD se Indonesia.

Menteri Dalam Negeri melalui Sekjen Kemendagri menyampaikan, Adkasi adalah organisasi pemerintahan daerah yang mempunyai anggota paling banyak dan merupakan kekuatan strategis dalam pencapaian tujuan NKRI serta tujuan pembangunan daerah.

Dikatakan, selain memperjuangkan aspirasi masyarakat, DPRD juga diharapkan bisa penyambung lidah pemerintah karena sesuai dengan UU, DPRD adalah penyelenggara pemerintah bersama dengan kepala daerah.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengatakan, sebagai pengurus DPN Adkasi sejumlah tugas baru sudah menunggunya untuk bekerja keras.

"Salah satunya, kita akan mengadakan Rakernas Adkasi yang akan dilaksanakan pada hari Selasa besok di Hotel Sultan," kata Anton Yondra yang dikenal dekat dengan semua kalangan ini, Senin (14/3-2022) di melalui WhatsApp-nya.

Lebih lanjut, Anton Yondra yang jago dalam berorganisasi ini menyebutkan, Rakernas merupakan kewajiban bidang yang tengah digawanginya itu.

"Pelaksanaan Rakernas nanti, dalam rangka menentukan arah dan kebijakan organisasi DPN Adkasi, untuk periode 5 tahun kedepan. Juga, merupakan momentum untuk kebangkitan DPN Adkasi," simpul Anton Yondra yang suka menolong itu.

Saat pelantikan, hadir sejumlah pejabat negara. Semisal, Kapolri, Jaksa Agung, Anggota DPR RI, serta sejumlah pejabat kementerian dan Kepala Daerah, termasuk Wakil Bupati kabupaten Tanah Datar, Richie Aprian. (MG)
 
Top