JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra sambangi nagari Singgalang, kecamatan X Koto, Selasa (15/3-2022), kemarin. Ia, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Thamrin dan Camat X Koto Adiawarman.

Eka dan rombongan sengaja menyambangi nagari Singgalang untuk melihat jalan usaha tani Patamuan. Jalan usaha tani dimaksud, menghubungkan jorong Koto, nagari Singgalang dan jorong Balai Gadang, nagari Koto Laweh, direncanakan dikerjakan pada tahun 2023 mendatang.

Selain itu, ia juga meninjau perbaikan Irigasi Banda Munggu yang mengairi tiga jorong yakni jorong Solok, Gantiang dan jorong Koto akan dimulai pengerjaannya di akhir tahun 2022.

“Insya Allah, setelah ditinjau jalan usaha tani Patamuan dapat dibangun, tinggal urusan pembebasan lahan dari dua nagari. Kita berharap dukungan penuh masyarakat setempat,” katanya.

Sementara urai Eka Putra, untuk perbaikan irigasi Banda Munggu  yang sempat dirusak oleh longsor, bisa segera dibangun karena, pembebasan lahan sudah tidak ada masalah.

“Ini wujud dari Progul yang dicanangkan pemerintah daerah, mudah-mudahan rencana pembangunan jalan usaha tani dan perbaikan Irigasi ini berjalan dengan lancar, dan bisa secepatnya dimanfaatkan Masyarakat,” urainya.

Sementara itu, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra menginformasikan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan usaha tani akan segera di rampungkan, untuk perbaikan Irigasi sudah bisa dimulai, dimana pembebasan lahannya telah diselesaikan.

“Alhamdulillah, perbaikan Irigasi sudah bisa dimulai di akhir tahun ini. Untuk jalan usaha tani yang berjarak sekitar 500 meter, lebar 3 meter, segera diurus pembebasan lahannya agar bisa dikerjakan di tahun 2023,” simpul Seri Mesra. (MG)
 
Top