JA.com, Padang Sumatera Barat) - Begitu besarnya potensi wisata Sumatera Barat, perlu dikelola secara profesional dengan dukungan partisipasi masyarakat, bagaimana industri pariwisata Sumbar benar-benar mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit mengawali rabu pagi disela-sela sarapan bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri Seminar Nasional yang bertema “Menata Potensi Pariwisata dan Dukungan Infrastruktur Menuju Industri Pariwisata yang Modern” di Grand Inna Hotel Padang, Rabu (7/2/2018).

Seminar Nasional ini dihadiri oleh Menko Bidang Kemaritiman, Menteri Pariwisata dan Sekjen Menteri Perhubungan sebagai pembicara yang juga disaksikan oleh Ketua PWI Pusat, Bupati/Walikota di Sumbar, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar dan para penggiat pariwisata di Sumatera Barat.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan,  pengelolaan potensi wisata Sumbar ini akan memberikan harapan dalam memajukan ekonomi daerah,  saat potensi ini dikelola secara profesional,  bagaimana membuat orang senang,  nyaman,  dan tertarik untuk kembali lagi.

Karena makin sering orang berkunjung akan memberikan dampak yang baik dalam pengembangan pariwisata yang lebih baik. Karena wisatawan itu akan membuat agenda rutin dan mengajak teman-teman mereka yang lainnya, ujar Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga mengatakan dalam rangka memperingati HPN 2018, bahwa tema yang diusung  HPN 2018 mengenai pariwisata dan budaya yang mendapat perhatian fokus para awak media dan pers secara nasional.

HPN juga mengelar berbagai seminar dengan narasumber/ pembicaranya langsung ada Menteri terkait dan tokoh dan para pakar yang dikemas secara apik oleh kalangan wartawan nasional.

Kehadiran Pemerintah Pusat yang hadir ke Sumatera Barat dalam peringatan HPN 2018 ini bisa melihat langsung dan dapat memprogramkan bagaimana perkembangan wisata di Sumatera Barat.

Untuk itu Sumbar mengharapkan agar Pemerintah Pusat bisa memberikan bantuan dan perhatian yang lebih untuk pembangunan wisata di Sumbar ini, ujar Nasrul Abit.

Sementara itu Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binzar Panjaitan menyampaikan bahwa nanti kami akan mengadakan rapat mengenai potensi pengembangan wisata Mandeh dan Mentawai  di Bandara Minangkabau.

Kawasan wisata Mandeh atau Mentawai ini akan kita masukkan kedalam destinasi wisata Indonesia asalkan Pemerintah Daerah bisa saling bekerjasama, janji Luhut Binzar Panjaitan.
 
Top