JA.com Medan (Sumatera Utara) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama beberapa Kepala OPD terkait Pemprov Sumbar melaksanakan rapat koordinasi dan konsultasi dengan Pemprov Sumut yang dipimpin oleh Wagub Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung dengan beberapa kepala OPD Pemprov Sumut di ruang rapat Wagub Sumut, Selasa (13/2/2018).

Wagub Nasrul Abit disela-sela kegiatan kunjungan ini menyampaikan,  rapat ini merupakan salah satu hasil rapat terbatas bersama Menko Maritim dan Menteri Pariwisata pada saat kegiatan HPN  2018 di Sumbar beberapa hari lalu, delegasi Pemprov Sumbar yang dipimpin Wagub Nasrul Abit langsung melakukan kunjungan ke Pemprov Sumut dimana salah satu wisata di Sumut sudah selangkah lebih maju dan telah masuk destinasi wisata nasional.

Dari hasil koordinasi dengan Pemprov Sumut diperoleh kesimpulan bahwa percepatan pembangunan kawasan Mandeh dan Mentawai bisa dilakulan melalui pola KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) atau Otorita. Kedua pola ini masing masing punya karakteristik yang khusus dan kecocokan masing- masing.

Sumut sudah melaksanakan kedua pola ini, KEK untuk kawasan khusus industri Sei Mangkei dan otorita untuk pengembangan kawasan wisata danau toba.

Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, akan hadir KEK atau otorita di Mentawai dan Mandeh, harap Nasrul Abit.

Hasil pertemuan ini akan kita bawa langsung ke Menko Maritim pada tanggal 15 Februari 2018 ini di Jakarta, masih ada waktu satu hari besok untuk kita sepakati bersama Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata ikut hadir saat ini dan Bupati Mentawai tentang pola apa yang akan kita pakai untuk percepatan pembangunan kawasan pada mandeh dan mentawai ini sebelum bertemu Menko Maritim dan para Menteri terkait di Jakarta besok, ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menjelaskan bahwa pola pengelolaan yang akan kita pakai nanti tentunya tidak boleh merugikan masyarakat sekitar kawasan.
 
Top