JA.com, Agam (Sumatera Barat) - Senator Sumbar, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa akan memberikan dukungan penuh terhadap upaya pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli sebagai pahlawan nasional. Dia gembira dengan ungkapan Bupati Agam yang juga menilai tokoh ini sudah memenuhi syarat untuk pengajuan pahlawan nasional.

"Saya sebagai anggota DPD RI dan anak Rang Agam tentu mendukung penuh perjuangan berbagai elemen dalam mengusulkan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi pahlawan nasional. Beliau yang lebih dikenal dengan Inyiak Canduang itu punya lima bidang ketokohan, tentu melebihi syarat untuk didukung mendapatkan status pahlawan nasional," tegas pria yang juga Ketua KAN Koto Gadang itu kala memberikan sambutan di pembukaan seminar persiapan pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi pahlawan nasional di MTI Candung, Sabtu (17/2/2018).

Leonardy mengungkapkan Inyiak Canduang sebenarnya sudah melebihi syarat untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Inyiak Canduang itu pendidik, ulama, pendiri Universitas Tarbiyah, kepala Mahkamah Syariah pertama di Bukittinggi, pejuang dan dia politikus.

Di masa perjuangan dia sudah mendirikan universitas Dia pun pendiri partai. Leonardy pun begitu tertarik terhadap peran Inyiak Canduang sebagai ekonom. Menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Inyiak Canduang yang mendorong Anwar Saidi untuk mendirikan Bank Nasional pada tahun 1930. Inyiak Canduang tidak menekankan pemungutan biaya pendidikan karena dia mengupayakan lewat unit usaha MTI Candung.

Ditegaskan Pembina Persatuan Tarbiyah-Islamiyah (Tarbiyah-Perti) Sumbar itu, kiprah Inyiak Canduang di Persatuan Tarbiyah Islamiyah saja yang ditelaah dan dijabarkan dalam seminar di MTI Candung itu dipastikan sudah bisa mengangkat harkat dan martabat beliau di kancah nasional. Apalagi seminar ini menghadirkan narasumber sekelas Prof. Dr. Mestika Zed, Prof. Dr. Makmur Syarif, Dr. Mohammad Qosim itu. Juga hadir mahasantri MTI Candung, Zulkifli.

Makanya Leonardy mengajak untuk menyatukan tekad agar Inyiak Canduang segera menjadi pahlawan nasional. Bersama-sama kita membesarkan nama pejuang asal Agam.

Mantan Ketua DPRD Sumbar 2004-2009 itu saat diwawancara wartawan menyebutkan semua persyaratan untuk menjadikan Syekh Sulaiman Arrasuli pahlawan nasional sudah terpenuhi, bahkan melebihi. Tinggal bagaimana kita berupaya merealisasikannya.

"Seminar yang mengarah ke focus group discussion (FGD) seperti yang dilakukan panitia pengusulan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi pahlawan nasional di Pesantren MTI Candung ini sangat bagus. Saya pun  akan memberikan dorongan di Sidang Paripurna DPD RI berikutnya," ungkap Leonardy.(*)
 
Top