JA,.com,  Payakumbuh (Sumatera Barat).
Pemko Payakumbuh mengucurkan sebanyak Rp.257.500.000 dana hibah buat sejumlah masjid melalui 9 Tim Safari Ramadhan (TSR) yang turun ke masjid yang tersebar di Kota Randang ini mulai  Senin (13/5) malam.

Menurut Kabag Kesra Ul Fakhri, masjid yang terpilih untuk dikunjungi TSR Pemko Payakumbuh pada tahun ini adalah masjid yang proposal dana hibahnya diterima dan disetujui Walikota dan DPRD tahun 2018 lalu.

"Masing-masing masjid mendapatkan dana hibah berbeda sesuai dengan kebutuhan dan tingkat angka jama'ah yang datang, setiap tahun kita akan berikan dana hibah kepada masjid yang proposalnya kita setujui," ujarnya.

Dijelaskan,  kesembilan masjid tersebut antara lain :
1. Tim yang dipimpin Walikota Payakumbuh mengunjungi Masjid Ikhlash Kelurahan Payolansek menyerahkan Rp.15 juta.

2. Tim yang dipimpin Wakil Walikota Payakumbuh mengunjungi Masjid Baiturrahman Payobasuang menyerahkan Rp.75 juta.

3. Tim yang dipimpin Ketua DPRD Payakumbuh mengunjungi Masjid Mujahadah Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang menyerahkan Rp.15 juta.

4. Tim yang dipimpin Dandim 0306/50 Kota mengunjungi Masjid Tafakkur Kelurahan Parit Rantang Koto Nan 4 Rp.32,5 Juta.

5. Tim yang dipimpin Kapolres Payakumbuh mengunjungi Masjid Al Mukarramah Kelurahan Padang Tinggi Piliang menyerahkan Rp.20 juta.

6. Tim yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh mengunjungi Masjid Arafah Bonai Kelurahan Tanjuang Gadang Sungai Pinago menyerahkan Rp.20 juta.

7. Tim yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri mengunjungi Masjid Nurul Huda Kubu Gadang Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo menyerahkan Rp.20 juta.

8. Tim yang dipimpin Kepala Pengadilan Agama Kota Payakumbuh mengunjungi Masjid Ubudiyah Kelurahan Balai Panjang menyerahkan Rp.25 juta.

9. Tim yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh mengunjungi Masjid Istiqlal Kelurahan Labuah Basilang Rp.50 juta.

Dijelaskan Ul Fakhri, untuk masjid Baiturrahman yang dikunjungi oleh tim Wawako Erwin Yunaz, lebih di prioritaskan karena setelah mengalami keruntuhan pada tahun 2018 lalu, pemko Payakumbuh ingin agar masjid megah itu kembali berdiri.

"Walikota menginstruksikan kepada kami untuk memprioritaskan Masjid Baiturrahman di Payobasuang, dulu saat masjid itu runtuh walikota ikut merasakan bagaimana rasa sedih dan kehilangan yang menimpa warga setempat, jadi pada tahun ini diberikan bantuan sebesar Rp.75 juta tersebut," tukas Ul Fahri. (rel/gun)
 
Top