JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati di Tanah Datar. Upacara peringatan Harkitnas yang ke 111 itu dilaksanakan di lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Senin (20/5).

Saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, pemilu yang telah lewat berjalan dengan lancar, kelancaran tentu berkat pengorbananan banyak saudara-saudara sebangsa yang menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bahkan sampai berkorban nyawa.

“Telah lebih dari satu abad kita peringati Harkitnas ini. Juga tidak lupa kita akan pesta demokrasi yang telah berjalan lancar, perngorbanan pun berjatuhan demi menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu itu. Alangkah eloknya jika kita mengucapkan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk undang-undang,” ujar Wabup Zuldafri.

Selepas upacara Harkitnas, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyerahkan piala Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019, peringkat pertama kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Kabupaten se-Indonesia yang baru-baru ini diraih Kabupaten Tanah Datar dalam ajang Musrenbangnas 2019, kepada Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra.

“Dengan diraihnya piala PPD 2019, tentu ini menjadi gambaran kebangkitan Kabupaten Tanah Datar untuk lebih meningkatkan lagi prestasi-prestasi kita kedepannya,” ujar Bupati Irdinansyah.


Sementara itu, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyebutkan, apa yang diraih adalah suatu hal yang sangat luar biasa, Tanah Datar mampu mengungguli kabupaten di seluruh Indonesia dalam perencanaan dan pembangunan daerah.

“Ini pertama kali kita menerima prestasi luar biasa ini, segelintir orang bertanya dimana Kabupaten Tanah Datar ini, yang mampu meraih peringkat pertama dalam perencanaan dan pencapaian terbaik kabupaten seluruh Indonesia. Kita sangat apresiasi apa yang telah dilakukan Bupati, Wakil Bupati serta Forkopimda yang selalu bersinergi dalam pembangunan di Tanah Datar ini,” ujar Ketua DPRD.

Rangkaian cara pun dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Forkopimda, Penanda-tanaganan Deklarasi Generasi Muda Tanah Datar menolak LBGT, Judi dan Penyakit Masyarakat lainnya serta ziarah ke taman makam pahlawan Kusuma Bangsa. (MG)
 
Top