JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).
            Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapatkan alokasi tenaga kesehatan penugasan khusus individu (NIS). Bupati setempat H. Irfendi Arbi mengaku sangat bersyukur mendapatkan tambahan tenaga kesehatan dari program nusantara sehat Kementerian Kesehatan itu buatuntuk melayani kesehatan masyarakat daerah ini.

            “Saya betul-betul gembira dan bersyukur Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan tambahan tenaga kesehatan penugasan khusus individu ini. Sebab, hingga kini daerah kita masih kekurangan tenaga kesehatan,” ungkap Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya ketika menerima secara resmi  tenaga kesehatan sistim kontrak dari Kementerian Kesehatan itu di pendopo rumah dinas bupati, Sabtu (4/5).

            Para tenaga kesehatan periode ke 3 yang berjumlah 12 orang tersebut diantar langsung pihak Kementerian Kesehatan yang diwakili Nila Mulyani dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr. Hj. Merry Yuliesday, MARS. Mereka akan ditempatkan di Puskesmas yang ada di Kecamatan Gunuang Omeh, Bukik Barisan dan Kapur IX.

            Bupati Irfendi berharap, para tenaga kesehatan yang berasal dari berbagai daerah di nusantara itu membaktikan diri di Limapuluh Kota dan menjadi solusi kekurangan tenaga kesehatan selama ini. Sebab, ketersediaan tenaga kesehatan itu merupakan salah satu faktor pendukung dalam percepatan derajat kesehatan masyarakat.

            “Kita berharap kehadiran para tenaga kesehatan nusantara yang hingga kini sudah berjumlah 26 orang itu bisa menjadi jawaban kekurangan tenaga kesehatan yang selama ini kita dera. Kita optimis program nusantara sehat ini akan mengurangi masalah kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota,” papar Irfendi.

            Diakui Irfendi, hingga kini akses pelayanan kesehatan pada sejumlah tempat pinggiran di daerah ini masih sulit dijangkau. Begitu pula fasilitas pelayanan kesehatan, juga masih ada yang terkendala oleh pemenuhan tenaga kesehatan.

            “Hal itu menjadikan pelayanan kesehatan di daerah ini tidak dapat dilaksanakan secara optimal,”  tutur Irfendi.

            Sebelumnya wakil dari Kementerian Kesehatan Nila Mulyani dalam penyampaiannya mengatakan program nusantara sehat merupakan terobosan dari Kementerian Kesehatan dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan dari segi pendistribusian dan pemerataan tenaga kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

''Untuk itu kepada saudara tenaga kesehatan yang ditempatkan di Kabupaten Limapuluh Kota benar-benar bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya termasuk menyadarkan masyarakat bahwa kesehatan itu adalah segala-galanya'', papar Nila.

Sementara kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Merry Yuliesday dalam sambutannya meminta para tenaga kesehatan yang baru itu segera beradaptasi dengan lingkungan tempat kerjanya.  Apa yang dialami di tempat kerja nantinya, tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga di kemudian hari.

“Saya optimis penugasan tenaga kesehatan ini akan sangat membantu Kabupaten Limapuluh Kota dalam meningkatkan derakat kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Merry menyebut, pengalokasian tenaga kesehatan itu merupakan salahsatu bukti komitmen Bupati Limapuluh Kota terhadap kesehatan masyarakatnya.

Ikut hadir dalam acara itu Kepala Dians Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota Dr. Tien Septino dan 14 tenaga kesehatan penugasan khusus individu periode I dan II. (gun)
 
Top