PAKIS --- Pada bulan suci Ramadhan, yang sudah pasti setiap umat muslim melaksanakan sholat tarawih, termasuk para prajurit Koramil 08 Pakis Kodim 0705/Magelang, pada malam pertama bulan suci Ramadhan 1440 H kali ini diawali dengan melaksanakan sholat tarawih bersama masyarakat di Masjid At Taqwa Dusun Pogalan Bawah Desa Kaponan Kecamatan Pakis, Minggu (05/05/2019) malam.

Kegiatan ibadah setiap malam bulan puasa yang di awali dengan sholat Isya dan Tarawih berjamah ini dipimpin oleh Imam KH. Mudasir. Usai dilaksanakan sholat Isya dan Tarawih, KH. Mudasir memberikan tausiah kepada jamaah yang melaksanakan Sholat Tarawih.

Dalam Tausiahnya beliau menyampaikan bahwa kita wajib mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada tahun ini kita masih bertemu kembali dengan bulan yang suci, bulan yang penuh berkah dan ampunan, dan menjelaskan mengenai arti puasa di bulan Ramadhan adalah menahan diri dari hawa nafsu yaitu menahan dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selain itu juga menyampaikan tentang syarat wajib bagi orang yang akan melaksanakan puasa yaitu sudah pasti beragama islam dan berakal sehat, sudah baligh, suci dari haid dan nifas khusus bagi kaum wanita dan tidak sedang bepergian jauh serta mampu, mampu dalam artian orang yang tidak dalam keadaan sakit.

“Hikmah dari puasa yaitu untuk melatih diri untuk selalu sabar dalam menjalani hidup. selain itu untuk meningkatkan ketakwaan dengan banyak melaksanakan ibadah dengan banyak berbuat amal kebaikan”, pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Danramil 08 Pakis Kapten Cpl Bambang Masrukhin, dalam sambutanya mengungkapkan bahwa kegiatan Tarawih yang dilaksanakan oleh Koramil 08 Pakis yang dilaksanakan saat ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT dan sebagai sarana silaturahmi Koramil 08 Pakis dengan warga Dusun Pogalan Bawah Desa Kaponan Kecamatan Pakis.

“Alhamdulillah, kita bisa dipertemukan dan berkumpul bersama dengan masyarakat di Masjid At Taqwa Dusun Pogalan Bawah ini dalam keadaan sehat Wal Afiat dan tadi kita bisa melaksanakan Sholat Isya dan Tarawih bersama-sama”, ucap Danramil.

Hadir dalam kegiatan sholat Isya dan Tarawih bersama ini diantaranya Ketua Takmir Masjid At Taqwa Nahrowi, Danramil 08 Pakis beserta anggota dan warga masyarakat Dusun Pogalan Bawah Desa Kaponan kurang lebih 200 orang. (pendimmgl)
 
Top