JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat) .
Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota periode 2019-2022 dikukuhkan. Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi berharap para insan pers itu senantiasa menjadi mitra pemerintah daerah dalam membangunan Luak Limopuluah (Payakumbuh dan Limapuluh Kota).

Pengukuhan yang berlangsung di halaman Sekretariat PWI di kawasan Simpang Benteng, Kota Payakumbuh, Kamis (2/5) itu dipimpin Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus didampingi pengurus lainnya Widya Navis dan Zul. Ikut hadir dalam acara tersebut Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Datuak Parmato Alam, Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastiawan Setyowibowo, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis, Dandim 0306/50 kota Letkol Kav Solikhin, perwakilan dari Kajari Payakumbuh sejumlah wartawan yang bertugas di Luak Limopuluah.

“Saya ucapkan selamat kapada para pengurus PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota yang baru. Kita menyadari, pers sangat penting dalam pembangunan. Untuk itu saya mengajak kita semua tetap bekerjasama dalam memajukan daerah ini,” tutur Irfendi.

Irfendi berharap bisa semakin mempererat jalinan silaturahmi antara pemkab Limapuluh Kota dengan insan media, sekaligus meningkatkan kerjasama yang baik dalam penyebarluasan informasi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan ke depannya. Diakuinya, selama ini pers di Luak Limo Puluah itu telah bekerjasama yang baik dan berkontribusi positif terhadap Kabupaten Limapuluh Kota, terutama dalam penyebarluasan informasi pelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Kita berharap jalinan kerjasama yang baik itu tetap terjaga dan lebih meningkat lagi dimasa mendatang untuk terwujudnya Kabupaten Limapuluh Kota yang sejahtera dan dinamis, Yang Mantap berlandaskan Iman dan Taqwa,” ujar Irfendi.

Sebelumnya Walikota Riza Falepi senada mengucapkan selamat kepada pengurus PWI yang baru dilantik. “Semoga dapat bekerja dengan baik dan menjadi bagian dari pembangunan daerah agar dapat lebih maju,” ucap Riza.

Menurut Riza, keberadaan media yang mengkritiknya sebagai pejabat publik adalah suatu hal yang lumrah. Dirinya mengaku dibesarkan oleh insan pers.

“Sebagai pejabat publik semua orang ingin tahu terhadap kinerja kami. Maka dengan segala dinamika pemberitaan tersebut saya rela-rela saja. Karena saya sadar, selama ini saya juga dibesarkan oleh wartawan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Payakumbuh dan Limapuluh Kota Yusrizal menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang selama ini telah banyak membantu PWI secara organisasi.

“Kegiatan ini khususnya terlaksana berkat bantuan Pemda. Termasuk sekretariat baru PWI ini merupakan gedung Pemko yang dipinjamkan ke PWI, terima kasih pak Walikota,” ujar Yusrizal.

Yusrizal mendorong agar para wartawan bisa bergabung dengan PWI ataupun organisasi yang diakui oleh dewan pers.

“Kami berada pada posisi untuk menghindari berita-berita yang merugikan ataupun hoaks. Makanya di PWI, wartawan itu harus profesional dan kami dorong untuk mengikuti UKW,” tuturnya.

Dalam acara itu Yusrizal diloantik sebagai ketua, Bakhtarudin selaku sekretaris, dan Nahar Sago sebagai bendahara. Sementara Syafril Nita, Suryadi Wuih, dan Aswin Anza bertindak sebagai Dewan Penasehat.

Untuk pengurus seksi terdiri dari seksi organisasi dijabat oleh Taufik, seksi pendidikan oleh Afrimars dan Dodi Syahputra, seksi ekonomi Jhon Kenedi bersama Yuridis. Kemudian seksi hukum dijabat oleh Jefri Ricardo Magno dan Nailul Badri, seksi olahraga dipercayakan kepada Hendri Gunawan bersama Antoni Surya Roza, Seksi agama dan budaya Jonres Marianto dan Aspon Dedi, seksi peranan wanita oleh Sri Mulyati, dan seksi pariwisata dan lingkungan hidup dijabat oleh Herry Mukhlis bersama Nur Akmal.

Dalam rangkaian acara itu juga dilakukan peresmian kantor PWI yang dintandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Irfendei Arbi bersama Walikota Riza Falepi disaksikan unsur Forkopimda. (gun)
 
Top