JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Kabupaten Tanah Datar menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten se-Indonesia dari Presiden RI.

Saat menyerahkan penghargaan itu Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Penghargaan dimaksud diserahkan Presiden Jokowi kepada Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5).

Kabupaten Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik dari 415 kabupaten se Indonesia di bidang perencananaan dan pencapaian.

"Ini hal yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Datar karena kita juga mewakili Sumbar, mudah-mudahan marwah daerah kita bisa terus terangkat dan semakin diperhitungkan dengan kabupaten lain di terutama pulau Jawa yang biasanya lebih maju," kata Irdinansyah didampingi Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kabid Litbangren Masni Yuletri dan Kabid PPM Efi Yendri.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar Alfian Jamrah mengatakan, capaian ini melalui proses yang panjang mulai dari seleksi di tingkat provinsi hingga nasional.

“Alhamdulillah lompatan yang luar biasa, setelah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional, terakhir kita dikunjungi tim penilai dari pusat untuk verifikasi lapangan karena masuk 10 besar nasional,” jelas Alfian.

Adapun peringkat 2 diraih Kabupaten Tumenggung dan peringkat 3 Kabupaten Tabanan. Sementara Kategori Provinsi, berturut-turut diraih Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. Untuk kategori kota, diraih Kota Semarang, Kota Denpasar dan Kota Makasar serta kategori penghargaan khusus pembangunan infrastruktur daerah skema KPBU diraih Kota Semarang. (MG)
 
Top