JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Launching Pasar Van Der Capellen, Sabtu (1/1), kemarin. Tujuannya, menyemarakan aktifitas kepariwisataan di Kota Batusangkar terutama di malam hari.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, pada acara launching Pasar Van Der Cappelen mengatakan, Pasar Van Der Capellen edisi malam Minggu, mencoba menjawab dan mengurai dari persoalan sepinyo kunjungan dan aktivitas yang bernilai ekonomis untuk masyarakat di malam hari khususnya malam Minggu.

"Pasar Van Der Capellen seperti biasa dilaksanakan setiap hari Minggu pagi dan untuk pelaksanaan edisi malam Minggu satu kali dalam tiap bulan di minggu pertama dengan tetap menyajikan berbagai kuliner khas Luhak Nan Tuo dengan tampilan pasar tempo dulu dengan menggunakan koin untuk semua transaksi," katanya.

Selain itu, juga dilaunching kalender event tahun 2020 yang diharapkan ke depan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luhak Nan Tuo.

“Apalagi Tanah Datar memiliki sangat banyak destinasi wisata yang layak jual, ini harus menjadi perhatian semua pihak agar seluruh kegiatan pariwisata di nagari tahun depan masuk dalam kalender event berikutnya,” terangnya.

Kadis Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan, sebanyak empat iven nagari di Tanah Datar mengisi kalender event pesona pariwisata Tanah Datar untuk tahun 2020 ini. Keempat daerah itu akan melakukan kegiatan pariwisata dari tahun ke tahun.

Empat iven tersebut yakni, Lintau Expo di Lintau IX Koto, Festival Pesona Cubadak di Lima Kaum, Semarak Pesona Marapi di Sungai Tarab dan Galundi Singkarak di Batipuh Selatan.

“Kempat daerah tersebut sangat memiliki destinasi untuk pengembagan pariwisata di Tanah Datar,” ucap Abdul Hakim.

Abdul Hakim juga menyebutkan, jika dalam launching kalender pariwisata Tanah Datar ini, juga dilakukan pengukuhan Pengurus Homestay Tanah Datar dan meluncurkan aplikasi Pesona Tanah Datar.

“Aplikasi ini memberikan informasi tentang kegiatan pariwisata Tanah Datar dan informasi destinasi wisata yang ada di Luhak Nan Tuo. Masyarakat sudah bisa mengaksesnya melalui internet,” sebut Abdul Hakim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Nofrial mengapresiasi kegiatan yang selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke Tanah Datar itu.

"Pemerintah propinsi sangat apresiasi atas inovasi yang dilakukan pemkab Tanah Datar melalui Dinas Parpora bersama penggiat wisata, dan sudah berbasis aplikasi untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar," Nofrizal.

Hadir saat acara itu, Kadis Pariwisata Sumatera Barat Nofrial, Forkopimda Tanah Datar, Sekda Irwandi, pengiat pariwisata dan juga para undangan lainnya. (MG)
 
Top