JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah kabupaten Solok Selatan gandeng perusahaan perkebunan sawit di daerah itu untuk mencegah terjadinya banjir.

Hal ini disampaikan Plt Bupati Solok Selatan saat berkunjung ke lokasi banjir di Jorong Sungai Jerinjiang Nagari Talao Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ), Rabu, (19/2/20).

"Kita berupaya gandeng perusahaan di wilayah ini untuk ikut serta membantu normalisasi anak sungai." kata Abdul Rahman.

Plt Bupati mengungkapkan, di Kecamatan SBJ, merupakan areal perkebunan sawit yang dikelola oleh banyak perusaha an, seperti, PT KSI, PT TKA dan  lainnya.

Dia menambahkan untuk mencegah terjadinya banjir diperlukan normalisasi aliran sungai Batang Garinggiang yang membanjiri wilayah kenagarian Talao Sungaikunyit, SBJ.Selasa (18/2/2020).

Dia melanjutkan salah satu penyebab banjir itu karena tingginya sedimen sungai Batang Jarinjiang.

Untuk itu imbuhnya, respons cepat pemda adalah menormalisasi sungai ini agar ke depan jika meluap diharapkan tak lagi membanjiri kampung tersebut.

Kita bisa bekerjasama dengan pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah ini, minta bantuan alat berat. Sehingga dalam waktu dekat bisa dilakukan normalisasi.

Dalam  kunjungan itu, Abdul Rahman memberi bantuan untuk korban banjir, berupa beras, mie, air minum, family kit dan lainnya.

"Alhamdulillah kita sudah menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial kepada para korban yang terdampak. Semoga bermanfaat dan dapat meringankan beban para korban bencana." sebutnya.

* man *
 
Top