MAGELANG, - Ratusan kendaraan milik anggota Kodim 0705/Magelang diperiksa oleh tim dari Sub Denpom IV/2-1 dalam rangkaian Operasi Waspada Wira Keris 2020, Senin (24/02/2020).

Komandan Sub Denpom IV/2-1 Magelang Kapten Cpm Bambang Tri Ratmanto menjelaskan pemeriksaan kendaraan dinas dan kendaraan pribadi yang dilakukan secara mendadak bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan tindak pidana yang dilakukan oleh anggota.

"Pemeriksaan ini merupakan tahap preventif yang dilaksanakan di satuan - satuan" ujar Kapten Cpm Bambang.

Sementara itu, Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto mengatakan pemeriksaan ini merupakan tindakan satuan untuk mencegah adanya penyimpangan dalam berkendaraan.

Menurut Dandim, kegiatan pemeriksaan seperti merupakan salah satu cara satuan untuk mendisiplinkan anggota Kodim 0705/Magelang. Bagi anggota Kodim, setiap kendaraan harus dilengkapi dengan administrasi kendaraan, selain itu kelengkapan kendaraan juga harus menenuhi standar keamanan.

"Setiap anggota Kodim Magelang, wajib melengkapi administrasi kendaraan, juga kelengkapan unit kendaraannya"tegas Dandim.

Lanjut Dandim, apabila kelengkapan kendaraan sudah terpenuhi, maka pengendara akan tenang dalam berkendaraan, sehingga diharapkan akan mengurani angka pelanggaran dan kecelakaan.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan di Kodim 0705/Magelang tidak ditemukan adanya penyimpangan dan pelanggaran administrasi kendaraan. Operasi Waspada Wira Keris 2020 dilaksanakan mulai tahap sosialisasi, tahap preventif dan tahap penindakan. Setelah tahap preventif ini selanjutnya akan dilaksanakan tahapan penindakan di lapangan, baik operasi di jalan maupun tempat-tempat lainnya.
 
Top