JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Bupati Pasaman Barat ( Pasbar ) H. Yulianto  bersama Kapolres Pasbar  AKBP. Ferry Herlambang  lakukan penanaman Pohon Mangrove di kawasan Pantai Taluak Batiang, Jorong Mandiangin, Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, Jumat (21/2).

Juga hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Pasbar Sifrowati Yulianto, Anggota DPRD Pasbar,   Kapolres Pasbar, Kodim 0305 Pasaman, sejumlah kepala OPD, Forkopimca Kinali,  Walinagari Katiagan, Jorong ,Tokoh ulama, Ninik Mamak dan tokoh pemuda serta masyarakat setempat.

Bupati Pasaman Barat H. Yulianto, pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat untuk  bersama-sama menjaga  pohon magrove yang sudah di tanam ini serta menjaga dan melestarikan lingkungan kawasan pantai Taluak Bantiang  Jorong Mandiangin.

”Kepada semua elemen masyarakat mari kita jaga lingkungan kita, jaga Pohon ini, karena begitu banyak  manfaat yang kita rasakan, misalnya udara sejuk, pohon ini juga dapat mengurangi  polusi (global worning) dan mencegah bencana Abrasi  pantai,” ujar Yulianto.

Lebih lanjut, H. Yulianto juga  mengatakan  pembangunan akses jalan menuju Mandiangin dan Katiagan  masih belum maksimal, Namun kedepan  pembangunan  Askes jalan pantai Barat dari Kab. Agam sampai perbatasan Ranah Batahan  akan menjadi prioritas.

“Saya juga sudah perintahkan dinas terkait, untuk mensurvei jalan,  mohon dukungan ke semua pihak, pantai barat dan jalur dua di kabupaten Pasaman Barat, 86 km, jembatan 15 dan 10 lagi mau di bangun,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Ferry Herlambang menyampaikan penanaman mangrove tersebut  merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian Polri dalam upaya terhadap  pencegahan abrasi dan kerusakan ekosistem wilayah pantai dan pesisir.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia, keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai memberikan manfaat yang luar biasa. Mangrove yang tumbuh berjajar menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut, ” Jelasnya.

* Sofyan Harahap *
 
Top