JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Olahraga dan pariwisata menjadi dua hal yang sulit terpisahkan. Berolahraga sambil menikmati wisata sungguh hal yang menarik.

Salah satunya iven Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 yang dilaksanakan Minggu, 23 Februari 2020.

Tidak hanya turut mempromosikan wisata daerah, alek ini juga diisi kegiatan bhakti sosial berupa pembagian paket sembako kepada 500 masyarakat.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama 500 peserta gowes atau pesepeda lainnya finish di Istano Basa Pagaruyung sebagai check point pertama.

Disambut Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi didampingi Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap bersama Forkompinda, rombongan disuguhi musik dan kuliner khas Tanah Datar.

Letjen. TNI Tatang Sulaiman bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengaku kagum dan senang menjajal rute sepeda yang mengangkat slogan “Mangayuah Malinteh Kampuang”.

“Kita berhenti di Istano Basa Pagaruyung salah satunya peninggalan bersejarah. Kita juga harus mencintai budaya, kita melewati daerah-daerah yang memiliki nilai (budaya dan sejarah). Sambil kita bersepeda, sehat, kita juga mengenal daerah agar lebih mencintai daerah dan kita pasti akan bangga dengan daerah ini sebagai bangsa Indonesia,” kataTatang.

Ia mengaku sangat terkesan dengan Istano Basa Pagaruyung. Dan, perjalanan yang sangat menarik, udaranya sejuk, medannya naik turun dan panjang sekali.

Wakasad Letjen TNI Tatang pada kesempatan itu juga memberikan bantuan. Ia berharap bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita beri bantuan kepada masyarakat, mudah-mudahan bermanfaat, sambil berolahraga kita berbhakti,” sebutnya.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini. “Pemerintah daerah menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wakasad beserta rombongan yang telah memilih Tanah Datar sebagai lokasi kegiatan,” ungkapnya.

Dikatakan kegiatan ini mendukung promosi pariwisata daerah karena diikuti pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia.

“Berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung sebagai ikon utama pariwisata Tanah Datar dan Sumatera Barat, ditambah ada check point kedua di Lapangan SD Batu Taba Batipuh Selatan serta melewati Danau Singakrak, Nagari Pariangan Desa Terindah di dunia dan lainnya mudah-mudahan menjadikan pengalaman yang berkesan bagi Wakasad, Pangdam dan seluruh peserta,” sampainya.

Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 ini menempuh jarak sekitar 104 Km mulai pukul 6.00 WIB dengan titik start dari Jam Gadang Bukittinggi dan Finish di Dermaga Singkarak.

Iven ini dibagi dalam 3 etape yang diantaranya Etape 1 (Jarak 47 Km) Jam Gadang – Pagaruyuang, Etape 2 (Jarak 35 Km) Pagaruyuang – Batu Taba dan Etape 3 (Jarak 22 Km) Batu Taba – Dermaga Singkarak.

Kegiatan ini juga akan diisi dengan bhakti sosial di setiap Cek Point (CP) yang dilewati, penebaran benih ikan di Danau Singkarak, demo Air Boat dan penanaman pohon serta di lokasi finish panggung hiburan rakyat yang menampilkan artis ibu kota. (MG)
 
Top