JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Operasi Pasar Bawang Putih yang digelar di depan Pasar Bertingkat Batusangkar, Kamis (27/02) cukup mendapat respon masyarakat. Buktinya, baru menjelang siang, sudah terjual separoh lebih.

Kasubag TU UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Friswan Yuson mengatakan, operasi pasar merupakan kerjasama Dinas Pangan Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pangan dan Perikanan setempat.

“Operasi pasar hadir untuk menstabilkan harga barang di pasaran dan Alhamdulillah berkat dukungan bersama, mendapat respon positif dari masyarakat. Waktunya tepat hari pasar Batusangkar dan apalagi sudah dibantu sosialisasi sebelumya oleh pemerintah daerah,” kata Friswan, Kamis (27/2) di Batusangkar.

Didampingi Kasi pada Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suci Anggraeni, ia menjelaskan, Dinas Pangan Provinsi dengan program Toko Tani Indonesia Center (TTIC) membawa 800 kg bawang putih, 10 kg bawang merah, 10 tray telur ayam dan 60 kg gula pasir.

“Untuk bawang merah, telur ayam dan gula pasir kurang dari satu jam sudah habis terjual sementara bawang putih sudah terjual lebih 60 persen dan berharap mejelang sore bisa terserap seluruhnya oleh masyarakat,” jelas Friswan.

Dijelaskannya bawang putih dijual Rp. 32 ribu per kg, harga pasaran Rp. 40 ribu per kg, bawang merah Rp.27 ribu per kg sementara di pasaran Rp. 35 ribu per kg. Gula pasir Rp.13 ribu per kg, harga pasar Rp. 16 ribu per kg. Telur ayam Rp. 39 ribu per tray harga pasar Rp. 42 ribu per tray.

“Saat ini ada kecenderungan cabe merah juga merangkak naik, tidak tertutup jika dibutuhkan kita juga akan gelar operasi pasar,” simpulnya. (MG)
 
Top