JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Bertempat di Lido Lake Resort Sukabumi (27/2), Bupati Agam Dr. H. Indra Catri kembali raih penghargaan prestisius. Penghargaan kali ini berasal dari Sindo Media, sebagai Kepala Daerah Terbaik dalam Pemberdayaan Masyarakat atau kategori The Best in Civic Engagement pada pagelaran Indonesia Visionary Leader (IVL).

Penilaian IVL Sindo Media ini sendiri dilakukan dengan melibatkan tim juri yang berasal dari berbagai bidang keahlian, untuk menilai Kepala Daerah yang dianggap visioner dan berpotensi menjadi pimpinan di tingkat nasional. Kategori penilaian meliputi research mendalam terhadap kinerja Kepala Daerah serta inovasi yang diterapkan di daerah masing-masing.

Drs. Akmal Malik, M.Si, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, yang sekaligus Ketua Tim Juri, pada kata sambutannya menyampaikan bahwa penilaian Indonesia Visionary Leader ini adalah salah satu bukti bahwa di Indonesia masih banyak kepala daerah yang melaksanakan pengabdiannya dengan luar biasa. Karena memang cakupan penilaian yang dilakukan oleh Media Sindo sangat kompleks.

“Harus kita akui, bahwa memang tidak sedikit Kepala Daerah yang terlilit dalam isu negatif bahkan tersandung masalah hukum, dan pemberitaan terkait hal itu sangat masif. Namun kita juga harus menyadari dan meyakini, bahwa masih banyak Kepala Daerah yang bekerja dengan penuh prestasi. Seperti yang kita lihat pada malam hari ini,” tegasnya.

Bagi Indra Catri sendiri, penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020 ini menjadi capaian paripurna. Karena ini adalah penghargaan ke empat dalam tiga kategori yang berbeda dari Sindo Media selama ia menjabat sebagai Bupati Agam. Setelah sebelumnya terpilih sebagai Koran Sindo People of the Year tahun 2014 dan 2017, serta Kepala Daerah Inovatif 2019.

“Alhamdulillah ! Dulu kita mengawali inovasi demi inovasi dengan tidak mudah. Karena inovasi artinya hal yang baru. Dan tidak mudah untuk menerapkan hal yang sama sekali baru di dunia pemerintahan, apalagi sampai ke tingkat masyarakat di Nagari. Tapi berkat kesatuan visi dan komitmen yang kuat, sekarang kita sampai pada waktu untuk menyemai,” ujar Indra Catri.

“Saya persembahkan penghargaan ini untuk segenap aparatur pemerintahan dan masyarakat di setiap nagari yang ada di Agam. Karena tanpa komitmen dan dukungan mereka semua, tentu kita tidak akan pernah sampai pada tempat kita berdiri sekarang. Terima kasih untuk dukungannya,” tutup Bupati yang akrab dipanggil IC ini.


* Pandu *
 
Top