JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru adakan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) nagari, Rabu (12/2) di Aula Kantor Kerapatan Adat Nagari setempat.

Legislator Zully Rustam mengatakan, kegiatan yang akan diusulkan harus betul-betul berdasarkan kebutuhan. Artinya, usulan itu betul- betul diperlukan masyarakat, hingga usulan itu bisa direalisasikan. Pasalnya, keuangan daerah terbatas untuk itu.

"Kegiatan yang diusulkan harus berdasarkan kebutuhan. Tujuannya, agar bisa terealisasi, karena keuangan daerah yang terbatas," katanya, Rabu (12/2) di Barulak, Tanjuang Baru, saat Musrenbang nagari Barulak.

Dikatakan Politik PAN ini, selain usulan menurut kebutuhan, mesti pula berimbang, antara pembangunan fisik dan pemberdayaan. Tidak itu saja, usulkan juga kegiatan pemeliharaan. Semisal, pemeliharaan jalan, dan bangunan yang sudah dibangun.

"Kegiatan yang akan diusulkan juga harus berimbang, antara pembangunan fisik dan pemberdayaan. Jangan pula dilupakan, usulan kegiatan pemeliharaan," kata Zully Rustam.

Legislator Anton Yondra mengatakan, jalan hanya jalan saja yang dibangun, tetapi harus dengan drainnase nya sekalian. Tujuannya, agar jalan tersebut lebih awet dan tahan lama.

"Saya minta kepada pemkab Tanah Datar, agar di bangunan drainase dan trotoar minimal dari Simpang Tiga Barulak, ke SD 01 Barulak yang panjangnya berkisar 800 Meter. Sebab, sangat membahayakan untuk pejalan kaki, apalagi murid-murid SD. Mereka harus berjalan di badan jalan," tegas Anton Yondra.

Ketua Tim IV Pendamping Musrenbang Tanah Datar Alfian Jamrah mengatakan, Musrenbang setiap tahun dilakukan. Kegiatan ini adalah titik strategis, karena disinilah munculnya usulan dari bawah.

"Gali potensi Nagari, disamping perbanyak konsultasi dengan dinas terkait. Kemudian cari ikon Nagari. Misalnya, Barulak Nagari Pangek Lapuak, atau Sangkar Burung, Rajin Jaguang, dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru Mulyadi Dt Bandaro Bodi mengatakan, memang usulan sudah kita upayakan berimbang, antara fisik dan pemberdayaan.

Hadir Camat Tanjuang Baru Arif Gani, Kapolsek Tanjuang Baru Ipda Evi Hendri Susanto, SH, Kanit Provos Ipda Marjohan, Ketua BPRN A Dt Sati Nan Panjang beserta anggota, Ketua KAN Barulak A. Dt Puncak Dirajo beserta anggota, Kepala Jorong sekanagarian Barulak, dan undangan lainnya. (MG)
 
Top