JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH dalam acara Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tanah Datar, di Gedung PKK, Indo Jolito, Batusangkar, Sabtu (15/2), kemarin mengatakan, koperasi berperan penting sebagai wadah menumbuh kembangkan potensi ekonomi menuju masyarakat sejahtera sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Tanah Datar, yakni mewujudkan masyarakat yang Madani, Berbudaya dan Sejahtera dalam nilai ABS-SBK.

"Harapan kami, Dekopinda Kabupaten Tanah Datar nantinya dapat menjalin kerjasama dengan seluruh sektor. Di Kabupaten Tanah Datar sendiri jumlah Koperasi sebanyak 225 tersebar di seluruh nagari yang dapat diandalkan potensinya penggerak pertumbuhan ekonomi sebagai jawaban dari permasalahan di masyarakat,” kata Zuldafri.

Wabup Zuldafri menambahkan sebagai salah satu lembaga ekonomi yang ada di kabupaten Tanah Datar, koperasi segera berkonversi dari koperasi konvensional menjadi koperasi syariah.

Maka dari itu dalam percepatannya telah ditandai dengan kesempatan bersama (MoU) antara pemerintah daerah Tanah Datar dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Datar.

“Inilah bentuk dukungan pemerintah daerah Tanah Datar mewujudkan Koperasi Syariah sehingga menjadi percontohan daerah lain, ini penting sebagai penerapan nilai-nilai agama di bidang Koperasi,” ujar Zuldafri.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Datar Dr. H. Syukri Iska mengatakan, MUI siap bekerjasama dalam mewujudkan Koperasi Syariah di Tanah Datar dengan melaksanakan kegiatan orientasi sistem dan operasionalnya berlandaskan Syariah.

“Sebagai Luhak Nan Tuo berfalsafah ABS SBK, sudah sepantasnya pula nilai-agama diterapkan dalam setiap kegiatan, tak terkecuali penerapannya di bidang koperasi, mengingat itu MUI dilibatkan untuk mewujudkan koperasi berbasis syariah di Tanah Datar,” ujar Syukri Iska.

Dibuka Ketua Dekopinwil Sumatera Barat Ir. H. Hendra Irwan Rahim acara itu pun dilanjutkan dengan rapat pleno penetapan program kerja serta pemilihan ketua formatur Dekopinda Tanah Datar masa bakti 2020 s/d 2025.

Saat itu terpilih Nasfizar Guspendri, SE, M.Si sebagai ketua formatur Dekopinda Tanah Datar masa bakti 2020 s/d 2025 beranggotakan Khairul, S.Sos, Dr. Rizal, M.Ag, Syamsuar M. Sutan, SE dan Mirwan Pulungan.

“Kepada pengurus Dekopinda Kabupaten Tanah Datar yang diamanahkan, semoga dapat bekerja lebih untuk membawa organisasi ini lebih berkembang ke depannya,” ujar Hendra Irwan Rahim.

Hadir pada saat itu Asisten Ekobang Edi Susanto, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Masni Yuletri, Ketua Pelaksana Khairul, Kabid Koperasi, dan UKM Lola Nasution, PKPRI Kabupaten Tanah Datar dan tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top