JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Nagari Talang Tangah, Kecamatan Sungai Tarab adakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) nagari, Rabu (12/2) kemarin, di Aula Nagari itu.

Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari pada penyampaian sudut pandang mengatakan, rusaknya berbagai ifrastruktur di nagari-nagari dikarenakan tidak matangnya perencanaan terhadap pembangunan infrastruktur tersebut.

Ia menyebutkan, untuk mengatasi hal tersebut harus ada ketegasan dari Dinas PUPR. “Apabila tidak tersedia dana perawatannya jelas pula dikerjakan oleh pihak nagari, tapi apabila dana itu ada berapa kali dilakukan,” ujar Nurhamdi.

Anggota DPRD Tanah Datar Benny Apero mengatakan, minimnya anggaran pada saat ini diharapkan kepada Pemerintahan Nagari untuk melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dikatakannya, pada tahun ini APBD Tanah Datar mengalami devisit sebesar Rp.128 milyar, yang menjadi beban karena pada kegiatan tahun 2019 tidak ada dan di tahun 2020 dilaksakan. Kegiatan itu yakni pelaksanaan Pilkada yang menelan biaya lebih kurang sebesar Rp.50 milyar, kegiatan Porprov sebesar Rp.10 milyar, dan pembiayaan tanggungan BPJS sebesar Rp.9,5 milyar. ” Inilah beban yang ditanggung APBD kita, dan harus kita laksanakan pada tahun ini,” ujar Benny.

Dengan keterbatasan saat ini diharapkan nagari dapat menciptakan inovasi-inovasi dengan pemanfaatan SDM dan lingkungan kita. Salah satunya adalah dengan menjadikan sampah sebagai penghasilan bagi masyarakat kita.

Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Tanah Datar, dr.Yesrita, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar, yakni Terwujudnya Kabupaten yang madani, perlu dianggarkan lebih besar dari biasanya kegiatan non fisik.

“Jika biasanya berdasarkan aturan yang ada pembangunan fisik 70 persen dan non fisik 30 persen, boleh dirobah menjadi 70 persen non fisik dan 30 persen untuk fisik,” ucap Yesrita, sembari mengatakan Karena untuk mewujudkan visi dan misi itu perlu kita bangun mental anak kemenakan kita sejak dini.

Hadir anggota DPRD pada Musrenbang itu, Benny Apero, Nurhamdi Zahari, Ketua Tim dr.Yesrita, Kepala OPD, Camat, Forkopimca Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, BPRN,KAN, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya. (MG)
 
Top