JA.com, Payakumbuh, (Sumatra Barat)-- Sebanyak 36 santri MDA Surau Pincuran Sabil, Balai Joriang Kel. Balai Tongah Koto, Nagari Koto Nan Godang, Payakumbuh Utara. laksakanan Khatam Al Qur'an, kemarin.

Tradisi Islami yang sudah melekat pada Nagari Kota Nan Gadang tersebut merupakan acara yang sudah ada sejak dahulunya. Acara Khatam Al Qur'an ini adalah acara dimana seorang anak telah menuntaskan dalam pembacaan Al Qur'an nya. Tiap tahun para perantau dan Tokoh Masyarakat turut serta memberikan support baik berupa hadiah dan dukungan lainnya.

Acara diawali dengan Basimak. yaitu peserta diuji dalam membaca Alquran dihadapan guru serta dewan seleksi sebelum acara puncaknya yaitu ketika pemberian hadiah.

Hadiah pada Khatam Alquran kali ini sangat luar biasa yang berkisar 70 Jutaan. yang disumbangkan oleh para perantau dan juga dari unsur Pemerintah Kota Payakumbuh serta Bank Nagari dan para tokoh masyarakat dan Masyarakat Balai Jariang.

Ketua 1 Panitia Khatam Alquran Ahmad Ridha yang akrab dipanggil Rio dan juga merupakan anggota DPRD dari fraksi Partai Nasdem Kota Payakumbuh mengatakan, kami harap kepada santri yang ikut khatam hari ini untuk senantiasa membaca Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas pendalaman kajian. Al Qur’an sebagai kitab suci kita umat Islam bukan sekedar dimiliki, tapi dibaca dan dipelajari serta diamalkan secara maksimal. Dalam mendalami Al-Qur’an, tentunya butuh dukungan dari orang tua dan para guru, kedua aspek ini juga harus diperkuat dengan kemauan santri.

"Untuk itu, tumbuhkanlah jiwa ingin mendalami Al-Qur'an di dalam jiwa ananda ku semuanya, karena anada semua adalah pelanjut estafet kepeminpinan yang sedang dijalankan sekarang, kami berharap kedepanya akan lahir pemimpin yang Amanah dan Religius, dan semoga kedepannya berasal dari santri MDA Mushalla Pincuran Sabil," kata Rio menjelaskan via whatsapp.

Lebih lanjut Rio menyampakian harapannya kepada santri yang telah menamatkan Alquran.

"Walaupun anak-anakku sudah selesai menamatkan Alquran, itu bukan berarti kalian berhenti membaca Alquran, kalian harus membaca Alquran terus menerus, dan akan lebih baik lagi, jika anak-anakku tercinta bisa menghafal Alquran." Amanat Rio kepada peserta khatam Quran.

Sebelum acara puncak pemberian hadiah santri melakukan arakan pawai ta’ruf yang bergerak dengan berjalan kaki dibawah pengawalan voreigder polres Payakumbuh dan menempuh rute yang telah dibuat panitia khatam.

Perayaan Khatam Qur’an dilaksanakan dihalaman Mushala Pincuran Sabil ini pada saat pembukaan dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekda Ridha Ananda bersama Kabag Kesra, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni beserta Sekretaris Camat, Kasubag Trantib, Kasubag Kesos Camat Utara serta Kepala Lurah Balai Jaring (Farhan)
 
Top