JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Nagari Limo Kaum, Kecamatan V Kaum adakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), kemarin di kantor wali nagari setempat.

Musrenbang itu, sihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama Ketua Tim V Pembina Musrenbang Kabupaten Novenfril, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, bersama Forkopinca, tokoh masyarakat dan ratusan warga masyarakat setempat.

Wali Nagari Limo Kaum Gusril sampaikan usulan program kegiatan prioritas terbagi dalam tiga kelompok yaitu bidang ekonomi, sarana dan prasarana serta bidang sosial budaya.

"Untuk peningkatan bidang ekonomi, berdasarkan hasil musyawarah nagari, diprioritaskan pembinaan sumberdaya manusia melalui program BUMNag," katanya.

Nagari Limo Kaum juga melakukan pelayanan kepada masyarakat melaui aplikasi, untuk saat ini sistem administrasi antar nagari dengan jorong sedang dilakukan percobaan program tanda tangan digital bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tanah Datar. “Insya Allah secepatkan akan terlaksana,” ungkap Gusril.

Wakil Bupati Zuldafri Darma, sampaikan usulan kegiatan tidak harus terfokus pada fisik semata, namun diseimbangkan dengan non fisik.
Pembangunan fisik memang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, sementara non fisik seperti pemberdayaan memang tidak dapat langsung dirasakan, namun akan dapat menopang kemajuan pembangunan daerah.

"Pembangunan di bidang pemberdayaan juga penting, seperti halnya peningkatan kualitas SDM di nagari, pembinaan UMKM, peningkatan kualitas pemahaman adat, agama, budaya bagi generasi penerus dan sebagainya juga akan berpengaruh terhadap kemajuan nagari dan juga daerah," katanya.

Wabup juga apresiasi Nagari Limo Kaum dengan berbagai
program dan terobosan yang dibuat agar menjadi nagari percontohan di Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya program informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui teknologi, sehingga masyarakat lebih cerdas dengan berbagai potensi yang ada dan informasi pun diperoleh secara transparan dan akuntabel.

Adrijinil Simabura, Anggota DPRD Tanah Datar, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang nagari Limo Kaum mendapat dukungan yang besar dari masyarakat nagari. Hal ini terlihat dengan ramainya masyarakat nagari yang mengikuti musrenbang ini.

“Untuk itu kami dari seluruh anggota DPRD Tanah Datar yang berasal dari dapil ini, sangat mengaprisiasi kinerja dari wali nagari,” kata Adrijinil. (MG)
 
Top