JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Anggota DPRD Tanah Datar Wadrawati meminta pemerintahan nagari untuk mengutamakan program peningkatan ekonomi masyarakat. Hal itu disampaikannya, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, Senin (10/2) di Aula serbaguna nagari itu.

"Sangat perlu dipikirkan program yang bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk meningkatkan perekomian," kata Wadrawati, Senin (10/2) di Padang Gantiang.

Tidak itu saja, ia mengharapkan pemerintahan nagari membuat program dalam upaya mengantisipasi keterlibatan generasi muda dari penyalahgunaan narkotika seperti kegiatan pelatihan, pendidilan, olahraga.

"Kita mengharapkan pembangunan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat mendapat porsi lebih besar bila dibandingkan pembangunan infrastruktur," ucap Wadra.

Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Nuryeddisman mengatakan, dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Kemudian, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

"Disamping, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik. Lalu, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar mengatakan, tema pada Musrenbang ini untuk menyalurkan aspirasi meningkatkan sumberdaya manusia dan infrastruktir dalam membangun nagari.

Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Jonnedi, Istiqlal, Nurzal, pimpinan OPD, Camat Padang Ganting Reni Susanti, unsur Muspika, Wali Nagari Atar Halyu Pardi dan tokoh masyarakat setempat, serta undangan lainnya. (MG)
 
Top