JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi sekolah yang punya program Tahfiz. Pasalnya, sesuai dengan visi misi daerah menciptakan kabupaten madani, kabupaten tahfizh, berdasarkan Adat Basandi Syarak, Syarak Kitabullah (ABS-SBK).

Hal itu dikatakan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi ketika meresmikan gedung belajar baru dan wisuda tahfizh angkatan II Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs) Diniyyah Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Selasa (31/12) kemarin.

Semenjak tahun 2006 silam hanya ada 6 rumah tahfizh, hingga saat ini tahun 2019 sudah mencapai 172 rumah tahfizh yang berdiri. Itu semua atas inisiatif masyarakat, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat punya kepedulian tinggi untuk menciptakan anak-anak yang berkarakter dan hafizh Alqur'an.

"Bagi sekolah-sekolah yang sudah menerapkan program tahfizh ini sangat menarik sekali, karena mungkin belum semua sekolah-sekolah yang menerapkan program tahfizh bagi murid-muridnya. Bagi yang sudah saya ucapkan terima kasih dan saya beri apresiasi, bagi yang belum semoga ini menjadi acuan," harapnya.

Ia mengatakan kalau program tahfiz ini berhasil, maka akan dapat menekan angka kriminalitas, karena anak-anak hafiz akan cenderung berprilaku baik dan terhindar dari penyakit masyarakat.

"Anak-anak hafizh kemana-mana akan selalu membawa Alqur'an, kalau main gadget, sudah barang tentu dalam gadget tersebut ada program Alqur'an nya," terangnya.

Sebelumnya ketua Yayasan Perguruan Islam Dinniyyah Pandai Sikek Prof. DR. M. Zaim, M.Hum mengatakan, perguruan Islam Diniyyah Pandai Sikek ini akan ditingkatkan menjadi boarding school, akan dibangun asrama karena tanah untuk lokasi sudah ada yang merupakan hibah dari masyarakat setempat.

"Pada tahun 2016 lalu pembangunan MTs ini dibantu pemerintah daerah sebesar Rp.40 juta, yang dipergunakan untuk pembangunan pondasi satu lokal, kemudian dari kementerian agama sebesar Rp.117 juta. Berkat kerjasama nagari, masyarakat dan komite dapat dibangun dua lokal," ucapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Riswandi, Anggota DPRD Tanah Datar, mewakili Kakan Kemenag Tanah Datar H. Yusmarli, Camat X Koto Khairunnas, Wali Nagari Pandai Sikek, Wali Jorong, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (MG)
 
Top