JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar melalui Sekda Irwandi mengatakan, program Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa merupakan salah satu bentuk kegiatan mengaplikasikan dan mengaktualisasi ilmu hasil pendidikan yang diperoleh di bangku perkuliahan di tengah-tengah masyarakat.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyambut baik niat dan keinginan pihak Institut Teknologi Padang (ITP) menempatkan mahasiswanya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Tanah Datar,” katanya, saat menyambut rombongan ITP, Selasa (28/1), kemarin di Indojolito Batusangkar.

Didampingi Kadis Dikbud Riswandi, Plt. Kepala BKPSDM Elvi Sandry dan Kabag POD Herison, dikatakannya, dengan kedatangan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan itu, secara langsung bisa membantu masyarakat dengan ilmu dan keahlian yang dimilikinya.

“Terima kasih atas kepercayaan pihak ITP kepada Tanah Datar, tentu kami sangat mendukung dan menerima niat baik pihak ITP, sehingga pastinya nanti akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tanah Datar khususnya di lokasi pengabdian mahasiswa tersebut, untuk memperkuat perlu dibuat MoU dan Perjanjian Kerjasama,” ujar Irwandi.

Sementara itu rombongan ITP dibawah pimpinan Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Zulfa Eff Uli Ras bersama Wakil Rektor I Firmansyah David, Wakil Rektor II Yusreni Warmi, Ka. Biro Kerjasama & Promosi Antonov dan staff Humas Pebri Anita Sari menyampaikan kedatangannya di samping untuk bersilaturahmi bersama Pemkab Tanah Datar juga untuk membicarakan tentang potensi kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa ITP di Tanah Datar.

“ITP merupakan Perguruan Tinggi yang sudah berdiri semenjak tahun 1973 lalu dan saat ini sudah semakin berkembang di mana instansi sudah pada akreditasi B dan semua program studi juga sudah akreditasi B yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi,” ujar Zulfa.

Lebih lanjut, bersama Wakil Rektor I Firmansyah David, Wakil Rektor II Yusreni Warmi, ITP sudah memiliki 8 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bergelar dan sekitar 30 pendidikan non gelar dalam bentuk pelatihan dan perencanaan.

“Di ITP ada 5 Prodi Strata Satu atau S1 yaitu Teknik Sipil, Mesin, Elektro, Geodesi dan Teknik Informatika, sementara 3 Prodi lainnya di jenjang Diploma 3 yaitu teknik Sipil, Mesin dan Elektro,” tutupnya. (MG)
 
Top