JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi turun ke lapangan, bersama tim reaksi cepat Dinas PUPR. Tujuannya, untuk merespon persoalan pembangunan di kota yang dipimpinnya.

Wali Kota Riza Falepi tidak henti-hentinya menghimbau warga agar jangan buang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke selokan dan drainase.

"Jangan buang sampah disembarang tempat, itu akan berakibat adanya penyumbatan di saluran pembuangan, sehingga drainase tidak akan cukup mengantisipasi ketika hujan lebat turun," katanya.

Hal ini, kata Riza terbukti dengan contoh saat ada genangan air di dekat Rumah Makan Pancoran area Teriminal Koto Nan Ompek dan area Simpang Bunian beberapa malam lalu.

"Yang di dekat RM Pancoran, ada plat decker sudah dianggarkan dan akan dikerjakan tahun ini," ujar Riza.

Hampir semua masalah yang ditemukan Riza bersama tim PUPR adalah drainase yang tersumbat oleh sampah, plastik, dan kayu. Riza meminta kepada masyarakat agar jangan terbiasa membuang sampah sembarangan.

"Kita katakan kalau membuang sampah sembarangan itu prilaku destruktif atau merusak, walaupun hanya sekedar buang sampah, itu menunjukkan budaya tidak peduli lingkungan, dan itu tidak baik," kata Riza.

Saat ditanya kenapa Riza rutin melakukan kegiatan di lapangan untuk mengecek infrastruktur, turun mengecek rencana pembangunan, Riza menyebut kalau tidak melihat langsung, dirinya tidak bisa membayangkan apa yang akan dianggarkan. (Farhan)
 
Top