JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari meminta Pemerintah Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Tarab bagaimana membuat sesuatu yang direncanakan bisa direalisasikan, dan berguna untuk masyarakat banyak.

"Masyarakat harus siap dengan kampung wisata. Jika tamu datang, sambut dengan senyuman. Yang jelas, ketika ada tamu yang datang, pasti mereka belanja di tempat kita," katanya pada Musrenbang Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Tarab, Selasa (28/1).

Senada Anggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin. Ia menyebut pembangunan destinasi wisata Air Terjun Dua Bidadari di Nagari Koto Baru akan mampu menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai anggota dewan, kita siap membantu dana melalui Bantuan Khusus Bersifat Khusus (BKBK). Disini ada potensi objek wisata yang bisa dikembangkan, untuk itu masyarakat harus ikut berpartisipasi membantu pemerintahan nagari," kata Yalpema.

Sementara itu, Ketua Tim Musrenbang Pemkab Tanah Datar Ermon Revlin mengatakan dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

"Kemudian, peningkatan infrastruktur, tata kelola pemerintahan yang baik, lingkungan hidup dan bencana alam, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah," kata Ermon Revlin.

Wali Nagari Koto Baru Harmadi memaparkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2021 diantaranya pengembangan wisata Air Terjun Ngarai dengan pagu dana sebesar Rp150 juta, bantuan pembangunan pondok pesantren sebesar Rp50 juta.

Kemudian, pembangunan rumah tahfizd sebesar Rp35 juta, rehab rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit sebesar Rp450 juta, pengadaan tower jaringan internet 1 unit sebesar Rp1 miliar, beasiswa kepada siswa berprestasi sebanyak 10 orang sebesar Rp10 juta.

Ikut hadir dalam musrenbang Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Benni Apero, Surva Hutri, Khairul Abdi, Dekminil, pimpinan OPD, Camat Sungai Tarab Afrizal, unsur Muspika, dan para wali nagari. (MG)
 
Top