JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Jum'at (31/01) di Aula Kantor Bupati, membuka acara secara resmi acara Pembinaan dan Pelatihan Calon Siswa Anggota Polri Tahun Anggaran 2020.

"Dengan pembekalan ini diharapkan semua anak-anak atau calon peserta dapat mempersiapkan diri, baik fisik, maupun mental untuk menghadapi seleksi," kata Zuldafri.

Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo mengharapkan para siswa yang ikut diklat ini agar serius mengikuti karena ini juga bisa untuk persiapan masuk Akademi Kepolisian.

"Manfaatkan peluang, jangan malu bertanya pada instruktur, nanti juga akan ada tes psikologi, akademik dan jasmani. Untuk itu perlu juga dijaga kondisi kesehatan dan sebaiknya cek kesehatan sebelum mengikuti diklat ini, karena dalam materi nanti cek kesehatan tidak ada," ucap Rokhmad.

Kapolres sampaikan terima kasih dan beri apresiasi pemerintah daerah yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

Rokhmad sebut pembinaan dan pelatihan pra penerimaan calon anggota Polri itu merupakan sarana atau pendukung untuk mengikuti tes rekruitmen anggota Polri, jadi belum menjamin untuk lulus menjadi anggota Polri.

Kapolres juga berpesan untuk mengikuti tes menjadi anggota polri agar memanfaatkan kemampuan sendiri dan masuk polisi tidak dengan cara-cara yang tidak dibenarkan.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Kompol Yon Hendri mengatakan, kegiatan antara Polri dan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP-Naker) ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi peserta diklat untuk mengikuti tes menjadi anggota Polri.

"Kita berharap dari diklat ini nanti banyak putra-putri Tanah Datar yang lolos seleksi menjadi anggota Polri pada saat seleksi di tahun 2020 ini," ucapnya.

Yon Hendri sebutkan untuk peserta diklat sebanyak 407 orang peserta terdiri dari 299 orang putera dan 108 orang puteri yang berasal dari pelajar SLTA sederajat se-Kabupaten Tanah Datar.

"Peserta kita saat ini merupakan pelajar kelas XII, dari total kuota yang kita rencanakan 407 orang, yang hadir saat pembukaan ini baru 198 orang peserta, sementara yang lain izin ada agenda di sekolah masih-masing seperti try out," kata Yon.

Terkait materi yang akan diberikan, disampaikan Yon Hendri seperti kesamaptaan jasmani (lari, push up, seet up dan renang), psikologi dan akademik. Sementara waktu diklat disampaikannya nanti pada Bulan Februari setiap hari Rabu dan Kamis selama 6 hari. (MG)
 
Top