JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Irwandi mendukung dan menyambut perantau Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Sumanik menurut rencana akan pulang basamo pada Idul Fitri 1441 H ini mendatang.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyambut baik kegiatan ini sebagai wujud sinergitas pemerintah daerah dengan masyarakat di rantau," katanya saat bersilaturahmi dengan panitia pulang basamo IKS di Indo Jolito, Selasa (28/1), kemarin.

Didampingi Sekretaris PMDPPKB D. Yonasri, Kepala Bagian POD Herison dan Kasi pada PMDPPKB Andri, dikatakan potensi perantau yang luar biasa ditandai tumbuh dan majunya organisasi paguyuban perantau mulai dari tingkat kabupaten hingga nagari.

“Sinergitas masyarakat di rantau dengan masyarakat ranah perlu terus diperkuat dan pemerintah daerah pun akan menjaga dan menfasilitasi kekuatan ini untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Irwandi.

Ditambahkan Irwandi, pulang basamo punya makna luas tidak hanya menjalin silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman juga memberi banyak manfaat untuk pembangunan kampung itu sendiri.

Sementara Ketua Umum Panitia Pulang Basamo IKS Zainul Ikhwan mengatakan direncanakan lebih kurang 2.500 perantau IKS pulang basamo yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Zainul yang juga Ketua IKS Jabodetabek mengatakan pulang basamo diisi dengan beberapa kegiatan.

“Menurut rencana kegiatan di kampung halaman selama 5 hari, ada acara halal bi halal, peresmian proyek pembangunan, tabligh akbar dengan penceramah ustadz Maulidi dari Pekanbaru, donor darah, acara hiburan dan puncaknya tabligh akbar Ustadz Abdul Somad pada tanggal 31 Mei 2020,” urai Zainul.

Manurut Zainul, ada 13 proyek pembangunan yang dibiayai masyarakat dan perantau dengan biaya lebih kurang Rp. 4 miliar akan diresmikan di antaranya pembangunan dan rehab masjid, surau, sekolah TK dan lapangan bola kaki.

“Mudah-mudahan dengan dukungan pemerintah daerah dan instansi terkait, semoga kegiatan ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik serta memberi manfaat untuk semua,” tutupnya. (MG)
 
Top